Kisah Mantan Guru Honorer yang Beralih Profesi Jadi Pedagang Es Tebu

Minuman Chiwu Indonesia, salah satu minuman kekinian berbahan dasar tebu asli Sukabumi ini mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Namun siapa sangka minuman es tebu ini ternyata sudah memiliki cabang di mana-mana, salah satunya di Jakarta.

WIDI FITRIA, Sukabumi

Meneguk es tebu saat terik matahari, pasti terasa nikmat. Selain rasanya yang segar, es tebu juga salah satu minuman dengan kesegaran dan manis alami dari tebu yang menjadi bahan dasar pembuat gula pasir. Tidak hanya itu, minuman es tebu ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena kadar glukosa tinggi.

Tebu yang biasanya digunakan untuk membuat bahan dasar gula pasir oleh salah satu mantan guru honorer di Kabupaten Sukabumi ini disulap menjadi minuman kekinian.

Adalah Eko Pramana Putra, Owner Chiwu Indonesia yang punya tekad kuat mengubah hidup dari seorang guru honorer, menjadi seorang pengusaha.

Eko begitu sapaan akrabnya mengaku sudah menjalani bisnis minuman tebunya sejak tahun 2014. Eko yang dulu memiliki gaji tidak menentu karena sebagai seorang guru honorer, mencoba peruntungan dengan berwirausaha.

Memilih usaha es tebu pun bukan tanpa alasan. Berawal dari rasa iba terhadap para petani tebu di Sukabumi yang mengalami penurunan harga jual, Eko pun menawarkan bisnis dengan para petani tersebut.

“Awalnya enggak sengaja ngeliat petani lagi bakar tebu, katanya mereka kecewa karena tebunya dihargai murah lantaran harga gula lokal saat itu anjlok, terus saya kefikiran untuk buka es tebu, karena saya liat di Sukabumi peluangnya sangat bagus,” terang Eko kepada Radar Sukabumi, senin (6/11).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *