XL Tumbuh Kuat di Kuartal 3, Jaringan 4G LTE Jangkau 338 Kota/Kabupaten

SUKABUMI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hari ini menyampaikan berbagai pencapaian positif kinerja perusahaan, selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017.

Layanan data masih memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Kinerja kami yang tumbuh kuat di kuartal ketiga, memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan,”kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini kepada Radar Sukabumi, kemarin (2/11).

Bisnis layanan data menurut perempuan berkacamata itu, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bahkan yang tertinggi di industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai 71 persen dan 70 persen.

“Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut ,”ucapnya.

Untuk memperkuat bisnis layanan data tersebut, jaringan 4G LTE XL Axiata saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini

Hal ini telah menempatkan XL menjadi brand pilihan bagi pelanggan data dan pengguna smartphone, di mana melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan.

Sementara itu bagi pelanggan “AXIS”, program AXIS Hitz telah mampu menjawab kebutuhan mereka, atas layanan yang sesuai dengan karakter anak muda beserta segala aktivitasnya.

Paket AXIS HITZ menjadi produk yang digemari pelanggan muda karena menawarkan keuntungan berupa tarif menelpon irit, disertai bonus SMS ke semua operator, serta tambahan bonus tambahan berupa gratis akses ke aplikasi chatting WhatsApp, LINE, dan BBM.

Peningkatan kualitas layanan juga terus dilakukan bagi pelanggan AXIS melalui sejumlah inisiatif, antara lain penerbitan voucher AIGO (AXIS Internet On The Go) untuk mempermudah pelanggan mendapatkan paket internet AXIS.

Di kuartal tiga tahun 2017, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5 persen QoQ dan 14 persen YoY, yang didorong dari pertumbuhan pendapatan data yang tumbuh sebesar 11 persen QoQ atau 61 persen YoY.

“Pendapatan layanan data memberikan kontribusi sebesar 71 persen, terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan ini adalah yang tertinggi secara industri,”paparnya.

Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp.16,926 triliun, meningkat sebesar 5 persen YoY, terdorong dari meningkatnya Service Revenue perusahaan sebesar 8 persen.

Dari sisi jumlah pelanggan, pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan, sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. Adapaun ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp 35.000.

Pencapaian kinerja perusahaan yang terus meningkat tersebut menunjukkan implementasi agenda transformasi yang dilakukan sudah berada pada jalur yang tepat.

Agenda Transformasi XL Axiata terdiri dari Revamp (Mengubah) – mengubah model bisnis pencapaian pelanggan (dari ‘volume’ menjadi ‘value’) disertai strategi distribusi serta perbaikan portofolio produk untuk meningkatkan pendapatan.

Rise (Meningkatkan) – meningkatkan nilai brand XL dan menggunakan strategi dual-brand dengan AXIS untuk menyasar berbagai segmen pasar yang berbeda. Reinvent (Menemukan kembali) – menumbuhkan berbagai inovasi bisnis melampaui model bisnis yang digunakan saat ini.(*/sri)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *