PENDIDIKAN

SDN Dewi Sartika CBM Melenggang ke Grand Final LBM

SUKABUMI — SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi akhirnya melenggang ke Grand Final l Lomba Budaya Mutu (LBM) di lingkungan sekolah tingkat nasional. Rencananya sekolah yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika Kecamatan Cikole ini akan diikutsertakan dalam penilaian tingkat nasioan di Yogyakarta pada 7 November 2017 mendatang.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SDN Dewi Sartika CBM, R Histato D Kobasah mengatakan, setelah melalui beberapa tahapan seleksi, SDN Dwi Sartika CBM akhirnya terpilih menjadi salah satu sekolah yang berhasil lolos ke Grand Final LBM dan menjadi salah satu wakil Jawa Barat dari lima sasaran atau kategori lomba yang ditentukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Penilaian budaya mutu sekolah meliputi lima komponen. Yakni, profil dan program sekolah, pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, ekstrakurikuler serta perpustakaan,” kata Histato kepada Radar Sukabumi, kemarin (1/10).

Lanjut Histato, peserta grand final diharuskan memajangkan hasil dan proses budaya mutu dengan berbagai kreasi sekolah. Misalnya saja, hasil karya guru, karya siswa dan kegiatan program budaya mutu lainnya.

“Pameran terbaik akan mendapatkan langsung penghargaan,” paparnya.

Histato mengaku, dengan bisa memanfaatkan waktu sekecil mungkin akan menjadi peluang untuk kembali berprestasi.

Pihaknya pun optimis, dengan berbagai persiapan yang matang akan membuahkan hasil maksimal.

Menurutnya, budaya mutu sekolah ini merupakan faktor yang penting dalam membentuk para pelajar menjadi manusia yang memiliki sikap penuh optimisme, berani, terampil, berperilaku kooperatif, ulet, disiplin, beretos kerja tinggi dan pandai menangkap peluang.

“Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti perilaku siswa, proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kondisi fisik sekolah, kinerja perpustakaan, lingkungan sekolah, budaya sekolah dan manajemen sekolah yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan mutu sekolah,” ujarnya.

Dijelaskannya, LBM di SD Dewi Sartika CBM ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi para pelaku pendidikan dalam melakukan pembinaan budaya mutu sekolah agar terwujudnya pelajar yang berkepribadian unggul dan berprestasi.

Dengan adanya perlombaan ini, SD sebagai satuan pendidikan dasar menjadi fondasi yang utuh dalam mengembangkan pembelajaran, ekstrakulikuler, UKS serta perpustakaan.

“Sehingga menjadi sekolah yang berakhlak mulia, peduli sosial, cerdas dan terampil menuju generasi emas tahun 204,” pungkasnya. (cr16/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close