KESEHATAN

Manfaat dan Pentingnya Mencuci Tangan dengan Benar Bagi Kesehatan

Rumah Sakit Betha Medika

TANGAN merupakan anggota badan yang sering digunakan dan menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali kita malas bahkan mengabaikan untuk membersihkan atau mencucinya jika tidak terlihat kotor.

Padahal, tidak semua kuman dan bakteri bisa dilihat. Tangan yang terlihat bersih tanpa kotoran belum tentu tidak terdapat kuman atau bakteri.Selama ini sumber penyakit memang tidak terlihat oleh mata secara langsung dan bisa berasal dari mana saja.

Tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit, karena tangan sering melakukan kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Untuk mengatasi berbagai resiko penyakit tersebut, maka biasakan untuk selalu mencuci tangan, jangan abaikan betapa pentingnya cuci tangan.

Hanya dengan lewat kebiasaan sederhana ini kita bisa melindungi diri dan terhindar dari berbagai penularan penyakit akibat kuman, bakteri dan virus.

A. Kebersihan tangan adalah suatu proses membersihkan kotoran dari mikroorganisme pada tangan yang didapat melalui kontak pada permukaan (flora transient) dengan menggunakan sabun antiseptic di bawah air mengalir atau menggunakan hundrub berbasis alkohol.

B. Tujuanya agar infeksi bakteri tidak sampai masuk ke dalam tubuh sehingga mengurangi resiko untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit salah satunya Infeksi Bakteri Salmonella. Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, maka bakteri salmonella yang masih hinggap di tangan tidak akan mati. Akibatnya bakteri salmonella akan menyebar ke berbagai tempat, sehingga makanan yang disentuh dengan tangan pun terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Kemudian, telur bakteri salmonella akan berpindah ke dalam saluran pencernaan, sehingga menyebabkan infeksi dengan gejala seperti keringat dingin, mual, muntah-muntah hingga diare.

C. Kapan saat melakukan kebersihan tangan :
1. Bila tangan terlihat kotor
2. Setelah menggunakan kamar mandi di rumah atau di tempat umum
3. Sebelum dan setelah makan
4. Sebelum dan setelah memulai masak makanan, terutama daging, ikan dan ungags
5. Setelah mengganti popok bayi
6. Setelah menyentuh hewan peliharaan atau kotoran
7. Sebelum menyentuh bayi dan anak – anak
8. Sebelum dan sesudah menyentuh kulit yang terluka
9. Setelah membuang sampah
10. setelah bersin dan batuk

D. Banyak orang tidak tahu bagaimana mencuci tangan mereka dengan benar. Membersihkan tangan tidak berarti hanya membasuh tangan dengan air. Hal penting yang perlu dilakukan untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dengan menerapkan enam langkah cuci tangan yang benar menurut WHO diantaranya :

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

E. Mengetahui manfaat mecuci tangan akan membantu anda dalam menghindari penyakit menular. Kita juga harus ingat bahwa di rumah, kita dapat saja terinfeksi penyakit akibat dari bakteri. Oleh sebab itu perlu bagi kita untuk mengajarkan metode mencuci tangan yang tepat pada keluarga, terutama pada anak-anak. Dengan mengajarkan manfaat mencuci tangan pada anak-anak dan pentingnya mencuci tangan dengan benar, anda akan mengambil langkah yang sangat penting untuk menuju dan menjalani hidup sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, salam sehat dari kami keluarga besar Rumah Sakit Betha Medika.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close