SUKABUMI

Aktifis Pemuda Pancasila Tanam Ribuan Pohon di Kalibunder

SUKABUMI- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sumpah Pemuda yang ke 83, warga Kecamatan Kalibunder yang tergabung dalam wadah organisasi Pemuda Pancasila (PP), menggelar aksi penanaman ribuan pohon, baru-baru ini. Kegaiatan yang ditujukan untuk merayakan hari Sumpah Pemuda ini, mereka juga telah menggelar tabligh akbar dan pentas seni .

“Dalam Era Milenial ini kita sadar betapa pentingnya peran pemuda Indonesia untuk senantiasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), keharmonisan, kerukunan berbangsa dan tanah air Indonesia. Untuk itu, ormas PP menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus Ulang tahun Pemuda Pancasila dengan berbagai ragam kegiatan positif,” jelas Ketua PAC PP Kalibunder Dandan Arwanrawan, kepada Radar Sukabumi.

Jenis-jenis pohon yang akan ditanami oleh ormas PP dalam memperingati hari bersejarah ini, diantaranya pohon sengon, ketapang, mangrup, jambu batu, sukun gamelina, terum besi dan pohon kencana. “Sebanyak 16 ribu pohon dari berbagai jenis telah kami tebar di berbagai daerah yang ada di wilayah Kecamatan Kalibunder.

Diantaranya, penanaman di titik block hutan Tegaleuga, Desa Sukaluyu, block hutan Cigarung Situ Bagendit, Desa Balekambang, block Puncak Keramat, Desa Bojong, block Cikuda, Desa Cimahpar, block Pasir Cisalada, Desa Mekarwangi dan penanaman di block Situ Ciengang, Desa Kalibunder,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, PAC PP Kalibunder mengajak para pemuda untuk bersama-sama mempertahankan ideologi Pancasila. “Kita sebagai pemuda pancasila, sebagai organisasi yang profesional mengajak kepada rekan-rekan pemuda untuk bersama bersatu mempertahankan ideologi pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Undang-undang Dasar,” ujarnya.

Ia berharap di hari ulang tahun Sumpah Pemuda dan Ormas PP tahun ini, seluruh anggota PP bisa tetap memegang teguh mempertahankan ideologi pancasila. “Kita berharap kepada seluruh pemuda pancasila masih tetap memegang teguh mempertahankan ideologi pancasila. Karna selama ini saya perhatikan banyak paham-paham komunisme yang sudah timbul yang akan senantiasa untuk membelah pecah ideologi pancasila. Jadi harapan kami pemuda pancasila siap untuk mempertahankan pancasila dan undand-undang dasar,” tandasnya.

Ia menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan sosial ini, dapat mendongrak jiwa nasionalisme dan patriot dalam menjaga kelestaarian alam. “Kami sebagai masyarakat Kecamatan Kalibunder yang tergabung dalam wadah ormas PP, akan terus peduli dan berempati terhadap lingkungan yang di ketahui bahwa Kabupaten Sukabumi merupakan kawasan wisata yang di kelilingi oleh gunung dan hutan.

Sehingga tidak heran jika banyak para wisatawan domestik yang kerap berkunjung ke Kabupaten Sukabumi untuk memburu objek wisata karena keindahalan panorama alamnya. Sebab itu, kita harus bisa menjaga  keasrianya dan perlu mendapatkan perhatian khusus agar ikon sebagai daerah yang kaya akan alamnya ini tetap menjadi kebanggaan bagi warga asli maupun wisatawan yang berkunjung,” pungkasnya. (Dasep)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close