Kota Sukabumi

Usulan Pergantian Sekda Tunggu Masa Pensiun

SUKABUMI – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi hingga kini belum menerima daftar nama pejabat teras yang akan menggantikan Hanafie Zein dari posisinya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

Seperti diketahui Hanafie Zein akan memasuki masa pensiun pada tanggal 5 November 2017 mendatang. Seyogyanya agar tidak mengalami kekosongan pada kursi jabatan top karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini, Pemda Kota Sukabumi segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) sekretaris daerah.

Menjelang akhir masa bhaktinya sebagai PNS, kini Hanafie mulai menempuh jalur politis dengan menjadi bakal calon walikota. Saat ini, mantan kepala dinas perhubungan tersebut tercatat sebagai bakal calon kepala daerah yang akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi Ade Suhermaan mengaku sejauh ini kelembagaannya belum menerima berkas nama-nama pejabat esselon II yang akan diajukan sebagai Plt sekda. Terlebih lagi untuk jabatan yang satu ini, sepenuhnya adalah kewenangan kepala daerah.

“Sekda yang ada saat ini masih menjalankan tugasnya karena belum masuk ke masa pensiun. Sebagai etika di kalangan PNS, alangkah baiknya kami tidak membahas terlebih dahulu persoalan jabatan sekda.

Jika terburu-buru, itu sama saja meminta beliau (Hanafie) untuk segera menanggalkan jabatannya,” tutur Ade kepada Radar Sukabumi, Senin (30/10).

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Tatan Kustandi mengungkapkan dalam waktu 15 hari ke depan, kelembagaannya akan segera mengeluarkan surat rekomendasi atas nama-nama pejabat teras untuk diusulkan menggantikan Hanafie Zein.

“Kami masih menunggu nama-nama calon sekda yang diusulkan oleh pemda. Selanjutnya lembaga pimpinan DPRD akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk disertakan dalam pengajuan usulan ke Pemda Provinsi Jawa barat.

Diagendakan surat rekomendasi pimpinan dewan itu akan diterbitkan pada pertengahan November nanti,” terang Tatan.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, terdapat empat nama pejabat teras dari lingkungan Pemda Kota Sukabumi yang disebut-sebut masuk dalam bursa calon sekda. Mereka adalah Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Dida Sembada; Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Asep Irawan; Kepala Dinas Perhubungan Abdul Rachman dan satu lagi adalah Asisten Daerah I Andri Setiawan. (cr11/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close