Mimbar JumatSUKABUMI

Pemuda Muslim Untuk Kemajuan Bangsa

Oleh: Ahmad Syaikhu

Bulan oktober laik kita nobatkan sebagai bulannya pemuda. Sebagian yang lain menyebutnya sebagai hari besar untuk pemuda Indonesia. Ada juga yang menyebutnya sebagai hari raya pemuda Indonesia.

Semua sebutan tersebut menurut penulis sah-sah saja. Itu sebagai bentuk penghargaan dan motivasi untuk pemuda agar selalu menjadi terdepan dalam perubahan dan pembangunan bangsa tercinta.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Lahirnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 lalu, merupakan suatu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Peristiwa yang dapat dikatakan sebagai masa penegasan, karena pada tanggal tersebut ikrar untuk persatuan dinyatakan.

Sesuai dengan namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka lalu menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama. Dan perlu kita ketahui bersama, bahwa Sumpah Pemuda ini tidak lahir begitu saja.

Banyak perihal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Tokoh dari berbagai daerah ini menjadi pelopor untuk menyatukan semua elemen kekuatan nasional untuk bersepakat melawan segala bentuk penjajahan. Mereka, para pemuda bercita-cita untuk memerdekakan bumi nusantara dari segala bentuk penindasan dan penjajahan.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close