Elektabilitas dan Popularitas Demiz Naik, Dianggap Dekat dengan Buruh

BANDUNG— Lembaga Kajian Buruh Tani Nelayan Indonesia (LKBTNI) menggelar survei menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) belum lama ini.

Survei yang digelar sejak tanggal 7 sampai 18 Oktober 2017 itu mengangkat tema “Memotret Tokoh yang Paling Layak Memimpin Jawa Barat Sebagai Gubernur Jawa Barat untuk Periode 2018-2023”.

Bacaan Lainnya

Survei ini melibatkan 1.710 warga Jawa Barat dari kalangan buruh yang memiliki hak pilih pada Pilgub Jawa Barat pada Pilkada Tahun 2018.

Ketua LKBTNI, Tri Sasono, mengatakan bahwa ada beberapa tokoh yang masuk dalam radar mereka. Diantaranya adalah Wakil Gubernur Jabar saat ini Deddy Mizwar, Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Rieke Dyah Pitaloka, Ketua KADIN Jabar Agung Suryamal, Anggota DPR Fraksi PAN Dessy Ratnasari, Sekda Provinsi Jabar, Iwa Karniwa, Kader PKS sekaligus Istri Gubernur Jabar saat ini Netty Prasetiyani Ahmad Heryawan, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Hasilnya, dari tingkat popularitas, kalangan buruh lebih mengenal nama Deddy Mizwar. Sebanyak 92,1 persen kaum pekerja yang ada di Jawa Barat mengenal dia. Urutan kedua ditempati Dede Yusuf yang dikenal oleh 81,2 persen, disusul Rieke Dyah Pitaloka 80,7 persen, Agung Suryamal 72,8 persen, Dessy Ratna Sari 70,1 persen, Iwa Karniwa 67,8 persen, Netty Prasetiyani Ahmad Heryawan 66,3 persen, Dedi Mulyadi 65,8 persen.

“Dan Ridwan Kamil yang katanya populer di medsos ternyata hanya dikenal oleh 63,7 persen kaum pekerja di Jawa Barat,” kata Tri dalam surat elektronik yang diterima redaksi, Kamis malam (26/10).

Hasil survei, lanjut Tri, juga menemukan bahwa Deddy Mizwar adalah sosok yang sangat ramah dan mau mendengar keluhan masyarakat ketika melakukan kunjungan kerja sebagai Wakil Gubernur maupun sebagai tokoh masyarakat.

Hal ini terungkap dari 82,3 persen responden mengatakan Deddy Mizwar sosok yang merakyat dan sangat rumah pada masyarakat. Tokoh yang dinilai memiliki sifat merakyat dan ramah selanjutnya adalah Dedi Mulyadi dengan 78,4 persen responden memilihnya, Dede Yusuf 69,4 persen, Iwa Karniwa 68,4 persen, Rieke Dyah Pitaloka 67,2 persen, Netty Prasetyani 62,3 persen, Dessy Ratnasari 61,2 persen, Agung Suryamal 60,7 persen, dan terakhir Ridwan Kamil dengan 52,3 persen.

Kata Tri, kepopuleran Deddy Mizwar disebabkan dia sebagai Wakil Gubernur Jabar. Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai bintang film yang sering mengisi film-film bertema religius saat mendekati bulan Ramadan.

“Deddy Mizwar juga dikenal karena sering turun ke bawah menemui masyarakat di Jawa Barat. Dari hasil survei tersebut, dapat disimpulkan jika Deddy Mizwar adalah yang paling ramah dan merakyat, sedangkan Ridwan Kamil adalah pejabat yang paling sombong dan tidak merakyat selama menjadi pejabat publik dalam berinteraksi dengan masyarakat,” jelas Tri.

Untuk tingkat akseptabilitas, lagi-lagi Deddy Mizwar unggul dengan 89,4 persen responden memilihnya. Disusul Dedi Mulyadi 74,2 persen, Dede Yusuf 73,7 persen, Agung Suryamal 71,6 persen, Iwa Karniwa 69,7 persen, Rieke Dyah Pitaloka 68,5 persen, Netty Prasetiyani 66,4 persen, Ridwan Kamil 55,4 persen dan Dessy Ratnasari 54,3 persen. Untuk tingkat elektabilitas, saat seribuan lebih responden ditanya secara spontan terkait siapakah yang akan dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini, kembali Deddy Mizwar jadi jawara dengan 36,4 persen responden memilihnya.

“Disusul Dedi Mulyadi 11,7 persen, Rieke Dyah Pitaloka 7,3 persen, Dede Yusuf 6,4 persen, Iwa Karniwa 5,1 persen, Agung Suryamal 4,6 persen, Ridwan Kamil 4,2 persen, Netty Prasetiyabi 3,2 persen dan Dessy Ratnasari 2,6 persen. “Yang memilih tokoh lain yang tidak diuji dalam survei ini sebanyak 4,2 persen dan tidak menjawab sebanyak 14,3 persen,” imbuhnya. (sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *