PILKADA KOTA SUKABUMIPOLITIKSUKABUMI

Panwascam Kota Sukabumi resmi Dilantik, Siap ‘Mengigit’ Pelanggar Pemilu

SUKABUMI— Setelah adanya kewenangan penanganan tindak pidana pelanggaran pemilu, bisa diselesaikan di tingkat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi.

Keberadaan Panwas sekarang ini, seperti ‘Meong’ yang sudah bergigi tajam. “Dulu (Panwas,red) juga Meong, tapi giginya ompong.

Sekarang, kita jadi meong beneran yang bisa menggigit setiap pelanggar pemilu,” ungkap Ketua Panwas Kota Sukabumi, Muhammad Aminudin usai melantik ke 21 orang Panwascam di salah satu hotel ternama di Sukabumi, Rabu (25/10/2017).

Lebih Lanjut dirinya mengatakan, adanya kewenangan penindakan setiap pelanggaran pemilu membuat Panwaslu memiliki kewenangan lebih dalam penindakan.

Soalnya, kewenangan itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh semua perangat pengawas pemilu dalam menindak setiap pelanggaran.

“Makanya, adanya kewenangan ini, jangan ragu untuk menindak. Secekil apapun tindakan yang dapat merusak pemilu. Tindak saja, jangan takut. Kita bekerja untuk memastikan pemilu yang bersih dan jujur,” katanya.

Bila perlu, kata Amin, setiap pengawas pemilu dari mulai tingkatan yang ada di wilayah Kota Sukabumi. Jangan hanya memposisikan diri sebagai wasit pemilu saja. Tapi juga, sebagai penyerang terhadap para pemain yang membuat pelanggaran disetiap pesta demokrasi.

“Kita sekarang mengawasi setiap pelanggar pemilu. Karena, segala bentuk tidak pidana pemilu bisa dilaksanakan ditingkat Panwaslu saja,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Amin, dirinya mengharapkan kepada setiap Panwascam yang sudah dilantiknya itu, untuk tidak memanfaatkan kewenangnya untuk membuat pesta demokrasi ternodai. “Bekerja dengan penuh integritas, laksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. Jangan main-main terhadap amanah yang diberikan,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, M Muraz mengungkapkan, dirinya memiliki keyakinan yang besar. Bahwasanya, pemilu yang akan dilaksanakan di Kota Sukabumi dapat berjalan dengan lancar serta kondusif.

“Pemilu nanti akan lebih adil dan nyaman ya. Itupun, jika panwasnya melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai aturan dan menegakan keadilan yang seadil-adilnya,” terangnya.

Soalnya, lanjut Muraz, saat pelaksanaan Pilwalkot dan Pilbub, Pileg serta Pilpres diharapkan oleh masyarakat Kota Sukabumi berjalan dengan lancar.

Lantaran menurutnya, kondusifitas menjadi prioritas utama dirinya. “Mari kita bekerja bersama-sama untuk mewujudkan Pemilu yang bersih dan adil. Semoga saja, semuanya dapat berjalan lancar serta kondusif,” harapnya. (sep/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close