Gaji Perangkat Desa Bakal Setara PNS

JAKARTA-Ribuan perangkat daerah yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, sepanjang Selasa (24/10). Mereka menuntut digaji setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIa.

Melihat aksi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo bergerak datang menemui ribuan massa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Ia datang setelah sebelumnya bertemu sejumlah pengurus PPDI di Gedung Kemendagri, Senin (24/10) petang.

“Jadi sebetulnya kami sepakat dengan pengurus akan membahas (tuntutan PPDI,red). Kami diskusikan, kalau diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) itu banyak regulasi yang harus dibahas,” ujar Hadi usai menemui ribuan pengunjuk rasa.

Demikian juga dari sisi pembiayaan, menurut Hadi, hal itu jelas tidak memenuhi. Tapi pemerintah sepakat untuk menyetarakan penghasilan Perangkat Desa sama dengan PNS golongan IIa.

Menurut Hadi, kehadirannya ke tengah pengunjuk rasa juga bertujuan untuk menampung secara langsung aspirasi dari para perangkat desa yang datang dari sejumlah daerah di Indonesia tersebut.

Untuk nantinya disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan diteruskan pada Presiden Joko Widodo.

“Kami sampaikan, memahami dan menampung aspirasi oleh Pak Mendagri dan akan kami laporkan ke presiden. Jadi ini suatu proses bahwa kami komitmen bersama dalam rangka penyetaraan penghasilan,” kata Hadi.

Pandangan senada juga dikemukakan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Pemdes) Kemendagri Nata Irawan.

Menurutnya, keinginan massa yang kini hanya ingin memperoleh penghasilan setara dengan PNS golongan IIa, tentu akan sangat dipertimbangkan oleh Kemendagri, untuk seterusnya disampaikan ke lembaga terkait lainnya. (dms/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *