HSN, Kamaludin: Komitmen NU Terhadap NKRI

PALABUHANRATU – Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) memadati lapangan Alun-alun dan jalan di Palabuhanratu. Mereka berkumpul dan bergembira dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober, kemarin.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan kagamaan. Namun, upacara yang dihadiri para kiyai dan santri pun dilaksanakan. Jelas, upacara ini menjadi bagian kegiatan unik bagi santri, lantaran tak biasa. Berdandannya pun lengkap layaknya dandanan santri. Mulai dari peci, koko hingga khas santri Indonesia sarungan.

Bacaan Lainnya

Sementara yang menjadi inspektur upacara adalah Kapolres Sukabumi, AKBP M Syahduddi.

Ketua MWC NU Kecamatan Cikakak, KH Kamaludin membacakan resolusi jihad NU. Dalam pembacaannya, dirinya menyampaikan kebanggaannya dalam menyambut HSN.

“Resolusi Jihad NU 22 Okt 1945 adalah bentuk peneguhan komitmen NU terhadap NKRI. HSN adalah hari kebangkitan santri. Semoga santri berakhlak mulia dan hidup bahagia,” beber Ustadz Kamal sapaan Pimpinan Ponpes Almubayyidliyah ini.

Ketua Panitia HSN, Egi Ergiansyah juga mengaku bangga dirinya diberikan amanah untuk menyukseskan acara tersebut. Terlebih kini dirinya masih tercatat sebagai santri dan Lurah Kobong di Ponpes Almubayyidliyah.

“Alhamdulillah acara sangat meriah. Tentu menjadi kebanggaan kami sebagai santri. Apalagi saya sebagai ketua panitia,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

Ia berharap, santri mendapatkan tempat seperti lulusan sekolah umum. Namun ia tetap mengaku ikhlas dan bangga dalam menjalankan Syiar Islam. Karena ilmu santri akan selalu bermanfaat di masyarakat. (ryl/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *