Gatot Nurmantyo Ditahan Dibandara

”Jadi pemberangkatan kesana tentu atas perintah dari presiden. Kalau langsung berangkat tahu-tahu di sana tidak boleh bahkan ditangkap itu bagaimana?” ungkapnya. Dia sekaligus menampik informasi yang menyebutkan semalam Gatot bisa berangkat ke AS.

Menurut Wuryanto, hubungan Jenderal Gatot dan Jenderal Dunford sebenarnya terjalin baik selama ini. Jenderal Dunford mengundang Gatot untuk hadir di VEOs yang berlangsung di Washington DC pada 23-24 Oktober. Pertemuan itu sedianya dihadiri panglima angkatan bersenjata dari 78 negara se Asia Pasifik.

Bacaan Lainnya

”Berdasarkan undangan resmi, panglima TNI membalas surat tersebut dan mengkonfirmasi kehadirannya. Sebagai bagian dari penghargaan dan hormat kepada pihak pengundang,” ujar dia.

Insiden pelarangan tersebut telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui ajudannya, kepada Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Terpisah, Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyahari mengaku terkejut dengan kabar penolakan AS atas kedatangan Panglima TNI yang berstatus undangan. Menurut Kharis, dirinya sudah menelepon langsung Panglima TNI untuk menanyakan langsung alasan penolakan AS terhadap dirinya bersama istri.

”Alasannya tidak ada, intinya ditolak bersama istri tidak boleh masuk,” kata Kharis saat dihubungi, kemarin.
Kharis mendesak kepada Menlu untuk segera menyelesaikan masalah ini. Sebab, kedatangan Gatot adalah atas undangan khusus dari Panglima Angkatan Bersenjata AS Joseph F Durford. Namun, justru penolakan malah datang dari AS sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *