PENDIDIKAN

SMAN 3 Kota Sukabumi Gencarkan GLS

SUKABUMI — Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang diawali dengan proses yang mendasar. Proses tersebut terdiri atas kegiatan membaca, menulis, dan berhitung.

Proses seperti ini harus ditanamkan sejak dini guna menghasilkan generasi yang cerdas. Menunjang hal itu, SMAN 3 Kota Sukabumi terus meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bagi para peserta didiknya.

Wakasek Kurikulum SMAN 3 Kota Sukabumi, Eris Rustandi mengatakan, program GLS sudah digencarkan sejak 2016 lalu. Menurutnya, program GLC ini sebagai upaya menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai lebih baik.

Adapun materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional serta global dengan disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. “Guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris sebagai motornya juga tim penggerak GLS,” paparnya.

Sebagai program yang wajib di setiap sekolah, tentunya program GLS ini harus ditunjang dengan beberapa fasilitas seperti, sarana pojok baca dan review buku.

“Para pelajar dan guru saat ini harus melek literasi, sumber bacaan dari mana pun harus mencoba membuka mata untuk bisa meluangkan waktu untuk membaca,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk penilaian program GLS, pihaknya mengadakan perlombaan yang berkaitan dengan membaca. Hal ini untuk menumbuhkan dan merangsang minat baca para pelajar. “Dengan adanya perlombaan tersebut bisa merangsang peserta didik dalam menumbuhkan budaya baca,” tukasnya. (Cr16/t)

 

 

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close