Pemkab SukabumiSUKABUMI

Ini Jawaban Dinkes Kabupaten Sukabumi Soal Warga Pakai Mobil Ambulance itu Bayar dan Mahal

SUKABUMI-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menjawab masalah klasik soal ketakutan warga kurang mampu yang enggan mengunakan fasilitas mobil ambulance plat merah karena harus bayar dengan nominal angka sampai ratusan ribu rupiah.

Seperti kejadian terbaru yang dialami Ipan (8), bocah asal Kampung Gunung Rompang RT 16 RW 11 Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi yang terpaksa harus ikhlas dibawa ke RSUD Palabuhanratu lantaran orangtuanya takut kalau menggunakan fasilitas mobil ambulance plat tersebut.

Selain takut mahal, ketiadaan akses informasi untuk bisa menggunakan fasilitas mobil ambulance pada saat kondisi darurat, juga jadi alasan Ipan dibawa ke RSUD Palabuhanratu menggunakan mobil bak terbuka.

“Pemakaian ambulance tidak dipungut biaya asalkan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan,”kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Sukabumi, dr. Asep Suherman saat dikonfirmasi radarsukabumi.com, Sabtu (21/10).

Asep menjelaskan prosuder yang sesuai ketentuan yang harus diketahui warga itu diantaranya pasien yang sakit harus dibawa dulu ke puskesmas setempat untuk menjalani pemeriksaan awal.

“Apabila hasil diagnosa medis di puskesmas setempat ada rujukan harus dibawa ke rumah sakit, maka warga yang sakit bisa mengunakan ambulance, apalagi bagi warga yang kurang mampu,”ujarnya.

Prosedur lainnya adalah jika keadaan warga yang sakit itu sangat kritis dan harus mendapat penangganan cepat medis dari pihak rumah sakit, maka penggunaan fasilitas mobil ambulance bisa segera dilakukan.

Ia menegaskan tidak ada aturan mengunakan fasilitas mobil ambulance plat merah itu harus bayar apalagi harganya sudah dibandrol terlebih dahulu.

Untuk memudahkan warga khususnya warga kurang mampu dalam mendapatkan fasilitas ambulance ketika dalam kondisi darurat. Pihaknya terang Asep berjanji akan membuka layanan informasi atau call center layanan mobil ambulance yang mudah diakses warga. (wan).

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close