‘Naga Bonar’ Kepincut Sapol PP

SUKABUMI – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Dedi Mizwar mengaku terpikat dengan kehadiran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) Pariwisata Kabupaten Sukabumi yang dibentuk belum lama ini.

“Iya, kalau seperti ini penampilannya, saya yakin wisatawan yang datang ke Sukabumi bisa betah. Betah bukan karena pesona alamnya saja, tapi bisa betah karena melihat polisinya (Satpol PP, red) yang berpenampilan beda seperti ini. Menarik tidak ada kesan galak,” kelekar pria yang tenar dengan julukan Jenderal Naga Bonar ini kepada Radar Sukabumi usai acara Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT) di Pantai Cimaja Kecamatan Cikakak, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Demiz, sapaan akrab Dedi Mizwar ini berharap, keberadaan Satpol PP Pariwisata Kabupaten Sukabumi ini bisa terus bertahan, mendukung dan bisa memberi warna terhadap pembangunan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

“Pertahankan terus eksistensinya untuk mendukung pariwisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman mengatakan, pembentukan unit Satpol PP Wisata ini merupakan respon atas pengembangan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Dibentuk baru satu regu, satu regunya 12 personil. Tugas utamanya selain menjalankan penegakan peraturan daerah, mereka juga ditugaskan khusus untuk menjaga ketentraman dan kenyamanan objek wisata,” timpalnya.

Menurut Dedi, syarat khusus menjadi anggota unit Satpol PP Pariwisata Kabupaten Sukabumi ini antara lain prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak pernah tercela dalam bertugas selama menjadi anggota Satpol PP.

Syarat lainnya yakni harus bisa menguasai bahasa Inggris secara aktif.

“Selain giat dihari kerja, para personil Unit Satpol PP Wisata juga akan bekerja dihari libur nasional, mereka akan hadir di tempat wisata,”terangnya.

Dituntutnya unit ini menguasai bahasa Inggris, lanjut Dedi, karena unit ini berhubungan langsung dengan dunia pariwisata yang menuntut pelaku wisata setidaknya mampu menguasai bahasa asing.

“Sebab, selain menjaga kenyamanan wisata, para anggota unit Satpol PP Wisata pasti nanti akan berkomunikasi langsung di lapangan dengan wisatawan asing,” tandasnya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *