Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

SEHAT menjadi anugerah terbesar untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Manusia ditakdirkan untuk terus berusaha sehat agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari. Namun, risiko sakit akan selalu membayangi. Salah satu penyebab sakit adalah pola gaya hidup manusia itu sendiri. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin memudahkan manusia menjalani aktivitasnya, terdapat risiko apabila kita terlalu dimanjakan oleh fasilitas tersebut.

Kemajuan teknologi yang memungkinkan aktivitas kita berada dalam genggaman, contohnya, lapar tinggal klik aplikasi, bersih-bersih rumah tinggal klik aplikasi juga; hal ini membuat manusia kurang melakukan aktivitas fisik. Manusia tipe ini bisa dipastikan juga malas berolahraga. Terlebih jika kurang mengkonsumsi buah dan sayur atau sering mengonsumsi makanan gorengan dan berlemak, akan meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Lalu bagaimana cara kita hidup sehat?

Bacaan Lainnya

Pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Dengan begitu, masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri serta bisa berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Dan harapan tersebut tentunya dapat terwujud jika masyarakat diberdayakan sepenuhnya dengan sumber daya dimilikinya untuk dapat menerapkan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas) diharapkan akn bisa diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari, baik itu di rumah, di sekolah, di tempat kerja, maupun di tempat-tempat umum.

Gerkan ini merupakan salah satu perilaku yang dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatannya dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. Dalam setiap sisi kehidupan manusia kapan saja dan dimana saja, rumah tangga atau keluarga, institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah maupun di tempat kerja karena perilaku ini merupakan sikap dan tindakan yang akan membentuk kebiasaan sehingga akan melekat dalam diri seseorang.

Untuk mencapai kehidupan yang sehat di lingkungan masyarakat maka Germas harus ditanamkan sejak dini dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Keluarga yang sehat merupakan keluarga yang memiliki keadaan sejahtera badan, jiwa dan sosial dan memungkinkan setiap anggota keluarga hidup produktif secara aktif dan ekonomis serta mampu memelihara kesehatan lingkungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *