Kartu Uang Elektronik Gratis di Mulut Tol

JAKARTA – Perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian Pekerjaan Umum mulai Senin (16/10) hingga 31 Oktober mendatang, akan membagikan kartu uang elektronik secara cuma-cuma. Pembagian dilakukan di seluruh ruas tol di Indonesia.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Pungky Purnomo Wibowo menuturkan, kartu yang dibagikan hanya fisik kartu uang elektronik.

”Yang gratis kartu tol saja lho, bukan saldonya,” tuturnya, kemarin.
Selama ini, bank membanderol harga fisik kartu uang elektronik rata-rata Rp 20 ribu per keping. Harga itu belum termasuk saldo di dalam kartu.

Jika konsumen membeli kartu dengan saldo Rp 30 ribu, harga yang harus dibayar adalah Rp 50 ribu. Jika konsumen membeli kartu bersaldo Rp 80 ribu, uang yang harus dikeluarkan Rp 100 ribu.

Dengan program tersebut, konsumen yang membeli uang elektronik di gerbang tol akan mendapatkan saldo sesuai harga yang dibelinya. Jika satu kartu Rp 50 ribu hanya berisi saldo Rp 30 ribu, konsumen akan mendapatkan saldo Rp 50 ribu.

Artinya, tidak ada potongan yang dikenakan untuk biaya fisik kartu.

Dalam program tersebut, perbankan menyiapkan 1,5 juta keping kartu. Bank yang berpatisipasi adalah BRI, Bank Mandiri, BTN, BNI, dan BCA. Masing-masing bank menyiapkan 300 ribu kartu. Kartu dibagikan berdasar persentase volume mobil yang lewat di satu ruas tol.

Fasilitas kartu gratis tersebut dapat dimanfaatkan konsumen jalan tol yang belum mempunyai kartu uang elektronik, saldo dalam kartunya kurang, maupun yang berminat membeli kartu baru.

Satu mobil hanya diperbolehkan membeli satu kartu. ”Per Desember 2017 tambah lagi bank penerbit kartu uang elektronik. Ada Bank DKI, Nobu Bank, dan Bank Mega,” jelas Pungky.

Dengan fasilitas gratis biaya kartu uang elektronik, diharapkan penetrasi nontunai semakin mudah diterapkan.

Ketua Himbara Maryono menekankan, program tersebut pada intinya bukan bagi-bagi kartu uang elektronik secara gratis.(rin/c21/noe)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *