Begini Rangkaian Upacara HUT TNI

SUKABUMI – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-72, berbagai elemen yang dipimpin Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol (Inf) mahfud As’at melakukan pengibaran bendera di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (5/10).

Kegiatan yang bertajuk, berasama rakyat TNI kuat, hebat, propesional, siap mewujudkan Indonesia yang mandiri, berdaulat, berkepribadian, adil dan makmur ini, Mahfud As’at membacakan amanat Panglima TNI.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya, perwira pangkat dua bunga melati emas di pundaknya itu menghimbau agar masyarakat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tugas prajurit TNI sangat berkaitan lansung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Sebab itu, tempatkan tugas di atas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan,” jelasnya.

Selain itu, seluruh anggotan TNI harus dapat menjungjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia 1945.

“Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, taati hukum dan hormati Hak Asasi Manusia (HAM),” bebernya.

Selai itu, TNI harus selalu hadir ditengah-tengah masarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan.

Untuk itu, TNI harus dapat melaksanakan semua tugas dengan niat berbuat baik, berani, tulus dan ikhlas, hanya untuk negara kesatuan Republik Indonesia.

Dengan peringatan HUT TNI ini, saya ingin seluruh anggota TNI dalat sinergi dengan polri juga masyarakat terutama dengan Polres Sukabum Kota, sehingga bisa membangun Kota Sukabumi yang kondusif,” ujarnya.

Untuk itu, usai melaksanakan upacara bendera, dilanjutkan dengan deville, atraksi dan teatrikal yang dilakukan oleh puluhan pelajar.

“Sementara untuk joget bareng dengan Kapolres Sukabumi dan Walikota Sukabimi, di panggung prajurit yang sudah disedikan oleh Kodim, merupakan suatu bentuk sinergi dan kecerian kita bersama Polres dan jajaran pemerintah daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, M Muraz mengucapkan, selamat kepada TNI yang ke 72, diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, TN bersama rakyat dapat semakin jaya, kuat dan profesional serta dapat menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

“TNI bersama Polri dan seluruh rakyat tidak bisa dipisahkan untuk saling membantu dan mewujudkan Indonesia agar saling sejahtra,” ucapnya.

Ia menghimbau agar mendukung program TNI yang akan diperagakan sesuai dengan kooridor yang ada.

“Sehingga dalam kiprahnya dapat menciptakan Kota Sukabumi yang aman dan nyaman,” pungkasnya. (cr13/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *