PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luncurkan MBS

SUKABUMI — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Sukabumi terus mendongkrak peningkatan mutu pendidikan.

Salah satunya, dengan meluncurkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang mempersiapkan komite dan kepala sekolah sebagai leader yang baik, sehingga dapat menunjang perkembangan dunia pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas P dan K Kota Sukabumi, Dikdik Kristiana mengatakan program MBS ini merupakan program baru yang diluncurkan Dinas P dan K guna meningkatan mutu pendidikan.

Menurut dia, langkah awal dari program ini dengan melibatkan kepala sekolah dan komite melalui kegiatan pelatihan. “Kami memberikan materi bagaimana menjadikan sekolah percontohan atau sekolah model,” kata Dikdik kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Dikdik menambahkan, bentuk pelatihannya sendiri berupa workshop manajemen sekolah. Dimana unsur sekolah dan komite harus saling bekerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan anak.

Tidak hanya itu, pihaknya pun memberangkatkan perwakilan komite untuk mengikuti pelatihan di Bandung agar memahami penjelasan tentang Permen nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah.

“Nantinya komite yang ikut pelatihan di Bandung akan mensosialisasikan kembali pada komite sekolah lainnya,” ujarnya.

Ia berharap dengan diadakannya pelatihan tersebut, dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kota Sukabumi. Pihaknya optimis, dengan adanya kerjasama dengan semua unsur akan membuahkan hasil yang signifikan.

“Karena tanpa ada dukungan itu, duni pendidikan lambat berkembang. Sebab itu, pentingnya dukungan dari komite untuk meningkatkan mutu pendidikan,” pungkasnya. (Cr16/t)

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close