PILKADA KOTA SUKABUMISUKABUMI

Iwa-Hanafie Saling Mendukung, Sama-sama Daftar di PDI Perjuangan

SUKABUMI – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa dan Sekda Kota Sukabumi, Hanafie Zain ternyata saling mendukung langkah keduanya untuk terjun di dunia politik.

Kebetulannya, kedua Sekda yang akan berlaga di perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang itu, mendaftar ke partai yang sama yakni PDI Perjuangan. Namun sampai saat ini, keduanya masih menunggu keputusan dari DPP PDI Perjuangan.

“Saya mendukung penuh, dia (Hanafie) bisa maju untuk Sukabumi Satu (Calon walikota). Mohon doanya aja,” ujar Sekda Provinsi Jabar, Iwa Karniwa usai menghadiri acara seminar menciptakan sinergitas pembangunan Kota Sukabumi dan Pemprov Jabar menghadapi tantangan global di Gedung Juang’45, kemarin (27/9).

Iwa mengakui, saat ini dirinya juga sudah mendaftar dan mengikuti semua proses penjaringan di PDI Perjuangan. Posisi Iwa sendiri mendaftar ke DPP PDI Perjuangan, karena waktu itu di tingkat DPD sudah ditutup pendaftarannya.

“Mengucapkan Bismillahhirahmannirahim, saya sudah mendaftarkan diri di PDI Perjuangan. Bahkan, saya mengikuti semua persyaratan baik fit and proper test maupun tes tulis dan wawancara. Sekarang saya serahkan sepenuhnya kepada DPP PDI Perjuangan,” ujarnya.

Keterpanggilan dirinya mencalonkan menjadi Gubernur Jabar, kata Iwa, karena dukungan dari masyarakat Jawa Barat. Dukungan itu yang memotivasi Iwa untuk terus berkarya dan mengabdi kepada masyarakat Jabar. “Terus terang ini di luar dugaan. Sebagian masyarakat Jabar menginginkan saya maju di Pilkada,” aku Iwa.

Apalagi saat ini, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung, tren nama Iwa terus merangkak naik. Dari hasil survei pertama yakni April, memang namanya masuk daftar urut ke lima dan sampai saat ini terus naik menjadi ke tiga. “Hasil survei April ke lima, kemudian Juni naik ke empat dan terakhir walaupun belum dirilis, nama saya masuk peringkat ke tiga,” jelasnya.

Dikatakan Iwa, hasil survei itu tentunya jadi modal kepercayaan diri bagi dirinya untuk maju pada Pilgub Jabar 2018. Apalagi, dukungan secara verbal terus bermunculan dari kalangan ulama, nelayan, guru madrasah, sejumlah organisasi, serta relasinya di bidang kesehatan.

“Semua meminta saya maju dalam proses Pilkada nanti. Sebagai warga kelahiran dan besar di Jawa Barat temasuk pernah lama di sini (Sukabumi), saya tidak bisa menolak apa yang menjadi harapan mereka dan secara umum masyarakat Jabar,” ungkapnya.

Namun untuk saat ini, Iwa mengaku masih fokus dalam menyelesaikan tugas dan fungsinya sebagai Sekda Provinsi Jabar. Tentunya juga, membantu berbagai program pembangunan pemerintah pusat sesuai dengan kewenangan Provinsi Jabar. “Dibidang infrastruktur, saya sebagai sekda membantu program-program pak Presiden Jokowi,” paparnya.

Sementara itu, Sekda Kota Sukabumi, Hanafie Zain mengapresiasi dukungan dari Sekda Provinsi Jabar yang juga akan maju pada Pilgub Jabar nanti. Kedua birokrat tersebut memang dikenal mempunyai kekerabatan dekat. Lantaran dari segi pekerjaan, keduanya sama-sama dari kalangan birokrat.

“Saya birokrat dan beliau birokrat, kami sangat dekat sekali. Beliau juga ketua TAPD, saya juga. Komunikasinya lebih intens. Saya sangat respek karena beliau (Iwa Karniwa) banyak membantu Kota Sukabumi,” jelasnya.

Terkait pencalonannya di Pilwalkot, Hanafie pun menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada partai. Ia mengaku tidak terlalu banyak memikirkan pencalonannya, tapi dia hanya ingin fokus pada pekerjaan. “Saya tunggu aja dulu, isya allah saya sudah berniat dan melalui proses. Tinggal nanti menyesuaikan mekanisme partai saja,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close