Kota SukabumiSUKABUMI

Lagi, Si Jago Merah Hanguskan Rumah

CIKOLE -Nasib nahas menimpa Mak Uju (80) warga Jalan Raya, RA Kosasih, Gang Inti Karya, RT 4/7, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole. Ia harus rela kehilangan rumah satu-satunya lantaran hangus setelah dilalap si jago merah.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, peristiwa kebakaran yang terjadi pada Rabu (20/9/2017) malam, diduga api berasal dari tungku yang tengah menyala untuk memasak nasi.

Menurut tetangga korban, Agustian (47), saat kejadian ia sedang berada di luar rumahnya yang tempatnya tidak jauh dengan lokasi rumah korban kebakaran.

“Saat itu, saya baru pulang dari masjid usai mengaji dengan warga dalam memeriahkan malam 1 Muharram. Namun, sekitar pukul 20.30 WIB saya dikagetkan dengan suara percikan api disusul dengan kepulan asap tebal yang keluar dari rumah Mak Uju,” jelas Agustian kepada Radar Sukabumi sambil menunjukan lokasi rumah yang rata dengan tanah karena terbakar.

Setelah Agustian melihat kobaran api yang tengah menjalar rumah Mak Uju, ia sontak langsung berteriak meminta tolong. Selang beberapa menit warga berbondong-bondong menghamipiri rumah korban.

“Tidak menunggu lama, warga langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” paparnya.

Masih di tempat yang sama, Mohammad Soma (70), yang merupakan tokoh masyarakat menjelaskan, rumah yang hangus terbakar dan memiliki luas sekitar 5 meter x6 meter ini, telah dihuni oleh empat jiwa dari tiga Kepala Keluarga (KK).

“Saat kejadian, warga pertama kali menyelamatkan keluarga korban. Setelah itu, kami langsung berusaha memadamkan api dengan air menggunakan selang dan ember yang diambil dari kolam warga,” katanya.

Karena kobaran api terlalu besar, ditambah dengan bangunan rumah yang terbuat dari anyaman bambu, telah menyebabkan api cepat menjalar, sehingga dalam kurun waktu sekitar 25 menit, rumah Mak Uju hangus terbakar hingga rata dengan tanah.

“Saat kejadian kebakaran, warga selain berjibaku memdamkan api, warga juga kerap menghubungi pihak kepolisian dan petugas pemadam kebakaran untuk melaporkan peristiwa tersebut. Tidak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran di dampingi polisi tiba di lokasi,” ucapnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran, Hendar Iskandarsyah menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga, bahwa di daerah Kelurahan Subangjaya terdapat peristiwa kebakaran sekira pukul 20. 30 WIB, Setelah itu, pihaknya langsung menerjunkan tim sebanyak 17 personel dan 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi ke lokasi kejadian.

“Kita tiba di lokasi sekitar pukul 20.55 WIB. Hal ini, terjadi karena saat kami menerima laporan berita lambat. Belum lagi akses jalan yang pada saat itu, kondisinya sangat macet. Karena dalam waktu bersamaan, telah terjadi kecelakaan lalu lintas dan warga juga banyak yang melakukan pawai obor dalam memeriahkan pergantian tahun baru Islam,” imbuhnya.

Meski tidak ada korban jiwa, dalam peristiwa tersebut, rumah korban beserta isinya telah hangus terbakar oleh amukan si jago merah, hingga korban mengalami kerugian materil mencapai puluhan juta rupiah.

“Korban mengalami kerugian, di taksir mencapai Rp50 juta. Saat ini, empat orang jompo yang merupakan pemilik rumahnya terbakar itu, telah dievakuasi ke rumah tetangga terdekatnya,” pungkasnya.

(cr13/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close