KABUPATEN SUKABUMI

Tim Asesor Tiba di Sukabumi

PALABUHANRATU – Tim asesor Unesco Global Geoark (UGG) akhirnya tiba di Kabupaten Sukabumi, kemarin (1/8).

Kedatangan mereka disambut dengan tarian khas Sunda. Rencananya, tim selama satu minggu ini akan melakukan penilaian kebeberapa genosid Geopark Cilteuh-Palabuhanratu.

Kadis Parawisata Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman mengatakan, dua perwakilan yang ditugaskan menjadi tim asesor UGG (UNESCO Global Geopark) yakni Alexandru Andrasanu dari Rumania dan Soo Jae Li dari Korea Selatan dan. Keduanya akan langsung memantau sejumlah genoside yang menjadi objek penilaian.

“Nanti akan ada presentasi dari kami, kemudian tim akan dipandu langsung untuk menilai GIC (Geopark Information Center,” paparnya disela penyambutan tim Asesor UGG di Gedung Negara Pendopo Palabuhanratu.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengucapkan selamat datang kepada kedua tim Asesor, Marwan menilai kedatangan kedua tamu agung tersebut merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah, terutama bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kami mengucapkan selamat datang, kami berharap kunjungan kali ini dapat memberikan kesan baik,” timpalnya.

Lebih lanjut bupati menambahkan, Kabupaten Sukabumi memiliki kawasan Ciletuh Palabuhanratu yang dinilai sebagai potensi geologi (batuan) luar biasa dengan karakteristik yang khas dan jarang ditemui di dunia. Keunggulan tersebut kata Marwan, terletak pada perpaduan antara bentang alam pantai dan perbukitan, air terjun, keunikan batuan geologi dan keanekaragaman Hayati, flora dan fauna serta keragaman budaya yang sulit ditemukan di wilayah lainnya.

“Kawasan sendiri terbagi menjadi tiga unsur keragaman, yaitu keragaman geologi (geo-diversity), keragaman hayati (bio-diversity) dan keragaman budaya (cultural-diversity),” tambahnya. (cr10/d).

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close