Home / RUBRIK / RAMADAN / Kiprah Ponpes Siqoyaturrahmah

Kiprah Ponpes Siqoyaturrahmah

Cetak Kader Ulama Berkualitas

SUKABUMI – Pondok Pesantren (Ponpes) Siqoyaturrahmah yang berada di Kampung Selajambu RT 21/5 Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi, terus berupaya mencetak kader-kader ulama yang berkualitas dan amilin fie sabilillah.

KH Machmud Mudrikah Hanafi

Ponpes yang berdiri sejak tahun 1972 dan di bangun oleh Ama KH Machmud Mudrikah Hanafi ini, terus menggembleng para santrinya agar memiliki ilmu agama yang berkualitas. Pasalnya, saat ini pendidikan agama merupakan salah satu faktor penunjang untuk mencerdaskan anak bangsa. Khususnya dalam pendidikan berkarakter.

Agar pendidikan agama tetap kokoh di tengah masyarakat Ama KH. Machmud tergerak untuk meneruskan jerih payah para pejuang zaman dulu yang berupaya mendirikanya lembaga-lembaga pendidikan Islam.

“Ponpes ini di bangun oleh orang tua saya untuk mencetak kader-kader ulama yang berkualitas. Tidak ada kepentingan lain dalam mendirikan Ponpes ini kami hanya ingin berjuang di jalan Allah untuk menegakan kebenaran melalui syiar ilmu,” jelas H. Nizar Anshory yang merupakan anak kandung dari pendiri ponpes Siqoyaturrahmah, kemarin (15/6).

Lebih lanjut H. Nizar menjelaskan sejarah singkat mengenai ponpes Siqoyaturrahmah ini. Dimana ponpes awalnya dibangun dari satu bidang tanah wakaf. Setelah itu, para konseptor dan penggagas terus berusaha keras sehingga keberadaan ponpes dapat terus eksis dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para santri.

“Sekarang terdapat 120 santri yang terdiri dari pria dan wanita. Sementara luas lahanya sekitar 3000 meter persegi. Untuk membuat nyaman para santri ketika menimba ilmu, Ponpes Siqoyaturrahmah telah menyediakan berbagai fasilitas diantarnya, majelis taklim, sarana ibadah, kantin anak, kantor dan lainnya,” paparnya.

Seluruh santri yang belajar di Siqoyaturrahmah, kata H. Nizar, di berikan ilmu pemahaman agama layaknya mereka belajar di Ponpes lain. Namun, dari semua pelajaran yang di berikan terhadap santri terdapat beberapa ilmu yang di unggulkan di Ponpes tersebut.

“Semua pelajaran kami bahas di Ponpes ini, akan tetapi untuk metode pelajaran ilmu Ushul Fiqih, di Ponpes ini menjadi keunggulannya. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang datang untuk menimba ilmu ke Ponpes Siqoyaturrahmah hanya untuk belajar ilmu Ushul Fikih. Bahkan, tidak sedikit para ulama-ulama besar yang berada di Sukabumi merupakan lulusan dari Ponpes Siqoyaturrahmah ,” bebernya.

Ia berharap, dengan metode pembelajaran seperti itu, keberadaan Ponpes Siqoyaturrahmah mampu melahirkan generasi-generasi ulama yang ahli ilmu agama Islam di Sukabumi untuk masa yang akan datang.

“Visi Ponpes ini, adalah untuk mencetak kader-kader ulama yang berwawasan luas dan memiliki jiwa akhlakul karimah. Sementara mottonya, kami lebih memprioritaskan kualitas di bandingkan dengan kuantitas. Jadi tidak aneh, jika para santri yang sudah belajar disini dapat menjadi ulama yang baik,” pungkasnya. (cr13/t).

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lebih dekat dengan Ponpes Modern Assalam2

Gelar Buka Bersama, Santuni 1000 Anak Yatim dan Duafa WARUNGKIARA – Bulan ...