Home / INTERNASIONAL / Korut Berulah Lagi ,Tes Rudal Sampai Ke Rusia
SIAGA: Warga melihat tayangan TV mengenai tes rudal Korut di Seoul, Korsel. (Kim Do-hoon/Yonhap via REUTERS)

Korut Berulah Lagi ,Tes Rudal Sampai Ke Rusia

Korea Utara berulah lagi. Mereka nekat melakukan tes rudal balistik kembali dengan mengirimkan proyektil ke kawasan yang lebih jauh dan dekat dengan Rusia. Ini adalah tes paling jauh dibandingkan tes-tes rudal sebelumnya.

Berdasar keterangan pejabat militer Amerika Serikat, rudal tersebut diluncurkan dekat Kota Kusong, di timur Korut, terbang melintasi negeri, dan menuju Laut Jepang, dan jatuh di laut sekitar 96 km dari Vladivostok di Rusia.

Kementerian Pertahanan Jepang menyebutkan kalau rudal itu mencapai ketinggian 2.000 kilometer dan terbang selama 30 menit. Sudah pasti ini bikin negara-negara lain bertambah meradang. Korea Selatan yang baru saja memiliki presiden baru salah satunya.

Moon Jae-in yang berharap bisa menjalin hubungan dengan Korut menyebutkan kalau tindakan Korut itu sangat gegabah. ”Ini provokasi yang semena-mena,” katanya. Presiden AS menegaskan agar Korut mendapatkan sangsi yang lebih berat sementara Tiongkok meminta negara yang dipimpin Kim Jong-un itu dikucilkan.

Ini adalah tes rudal kesekian yang dihelat Korut. Bulan lalu mereka melakukan tes juga. Bahkan dua rudal ditembakkan. Tetapi, tes itu gagal total. Roket rudal itu meledak hanya beberapa menit setelah ditembakkan. (CNN/reuters/tia)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

AS Jual Jual Senjata ke Arab Senilai Rp 1.462,5 T

Sikap Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Arab Saudi berbalik 180 derajat. ...