Home / INTERNASIONAL / 17 Mumi Langka di Mesir , Begini Kondisinya

17 Mumi Langka di Mesir , Begini Kondisinya

KAIRO – Kementerian Benda Antik Mesir menemukan 17 mumi langka di wilayah selatan Kota Minya, Sabtu (13/5) waktu setempat. Kabar penemuan tersebut pun jadi bahasan, lantaran penemuan mumi itu pertama kalinya ditemukan di wilayah tersebut.

Kota Minya, tepatnya kawasan yang berlokasi di Desa Tuna al-Gabal diketahui hanya sebagai tempat ditemukannya banyal nekropolis hewan seperti burung.

Menariknya, mumi yang ditemukan tersebut diketahui bukan berasal dari keluarga kerajaan. Padahal di zaman Mesir Kuno hanya keluarga kerajaan yang mendapat hal pengawetan jenazah.

Para arkeolog meyakini, ini pertama kalinya mumi ditemukan dalam makam bergaya katakombe (berlorong ke bawah). Di setiap lorong, ditemukan banyak tumpukan mumi yang sebagian tersusun rapi, sebagian tidak.

“Makin kami melakukan pengeboran makin kami banyak menemukan mumi,” kata arkeolog dilansir the Telegraph, Minggu (14/5).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa mumi-mumi tersebut berjenis kelamin pria dan wanita. Mereka terbaring di atas bebatuan dan di tata dengan baik.

Diduga kuat, mumi ini berasal dari masyarakat setempat yang hidup pada 332 tahun sebelum Masehi (SM) sampai 300 tahun SM. Kala itu, Mesir sedang dikuasai oleh kekaisaran Romawi di bawah perintah Alexander Agung.

Pihak Kementerian Benda Antik Mesir menegaskan akan terus melakukan penggalian untuk menemukan mumi lebih banyak. Mereka juga menjanjikan bahwa wisatawan bisa menyaksikan mumi tersebut sesegera mungkin.

“Penemuan ini akan dibicarakan oleh dunia dan kami memang mengharapkan itu terjadi. Semoga Mesir mendapatkan perhatian positif atas penemuan ini,” katanya.

(ra/pojoksatu)

 

 

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Korea Utara Uji Coba Rudal Lagi

Belum surut kecaman atas uji coba rudal sepekan lalu, Korea Utara (Korut) ...