Home / RUBRIK / LIPUTAN KHUSUS / Bantu Berikan Pemahaman Kepariwisataan
Foto : Usman Radar DISKUSI : Suasana Ngobras edisi kedelapan yang berlangsung di Aula TIC Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/1/2017).

Bantu Berikan Pemahaman Kepariwisataan

PALABUHANRATU – Konsep – konsep pariwisata yang kerap dibahas di acara Ngobras yang di gagas Radar Sukabumi dan TIC Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari Camat baru Kecamatan Cisolok, Agus Mohammad Nurdin.

Ia berharap Ngobras bisa turun ke kecamatan bahkan ke desa-desa.

“Kita sangat memerlukan gagasan dan ide-ide yang dihasilkan seperti dari Ngobras ini, apalagi kita memerlukan konsistensi penyadaran tentang kepariwisataan kepada masyarakat,” jelas Camat Cisolok, Agus Mohammad Nurdin, saat mengikuti Ngobras edisi ke delapan di Aula TIC Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/1/2017).

Menurut Agus, dalam rangka mendukung dan mewujudkan semua program yang dicanangkan bupati terkait pariwisata, kegiatan Ngobras sangat membantu.

Apalagi, sejauh ini, Agus mengaku sebagai camat baru belum sepenuhnya memahami potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Cisolok.

“Saya akan mengerjakan program prioritas bupati terkait pariwisata dan sekarang di fasilitasi oleh Ngobras, asa dirontok congcot (tidak disangka-sangka),” aku Agus.

Salah satu hal yang terpenting dalam kegiatan Ngobras, lanjutnya, ialah membangun persepsi positif tentang kepariwisataan yang ada di Kabupaten Sukabumi, sehingga Ngobras sangat dibutuhkan untuk membantu dalam menanamkan pemahaman kepariwisataan kepada masyarakat. “Karena dalam penyusunan program jangka pendek, menengah dan panjang, kita prioritaskan pemahaman kepada masyarakat akan kepariwisataan terlebih dahulu sebelum ke pembangunan fisik,” beber Agus.

Karena titik kesulitan dalam pembangunan, merupakan pembentukan pemahaman yang ada di masyarakat dari pada pembangunan fisik di objek pariwisata atau fasilitas penunjangnya. “Kalau pembangunan fisik, ada uang tinggal bangunkan, tapi kalau penyadaran atau pemahaman itu pasti lebih sulit” aku Agus.

Dengan begitu, lima sektor kinerja dalam fakta integritas Kecamatan Cisolok yang telah di tandatangani, di antaranya peningkatan pemberdayaan masyarakat berbasis sektor pariwisata, pertanian, perdagangan dan jasa, perikanan dan kelautan menjadi prioritas utama. “Minimal.kita memberikan sentuhan-sentuhan kepada masyarakat dan anak-anak sekolah agar semuanya memahami,” jelasnya.

Dirinya berharap, pengembangan sektor pariwisata akan menjadi gerakan bersama, baik dalam sisi pembanguan mental maupun fisik. Baik nantinya dicantumkan di setiap desa pada Musrenbang untuk program di setiap desanya, maupun pembangunan fisik yang ditangani dinas atau instansi terkaitnya.

“Prinsipnya sesuai dengan program prioritas, kami akan berupaya dan berusaha dengan jajaran desa di semua jenjang program, untuk mengembangkan pariwisata serta mengkomunikasikan dengan instansi lain, meskipun saat ini belum ada dana taktis,” pungkasnya.

(cr3)

 

About editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Siapkan Sektor Andalan

SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami pastikan tahun depan ada kenaikan pada ...