Home / INTERNASIONAL / Aleppo Dikuasai Pemerintah, Evakuasi Penduduk Tuntas
Warga Aleppo menanti evakuasi.

Aleppo Dikuasai Pemerintah, Evakuasi Penduduk Tuntas

Misi evakuasi penduduk Aleppo usai sudah. Keluarga dan para pendukung oposisi bersenjata telah dikeluarkan dari wilayah tersebut pada Kamis (22/12). Kini seluruh Aleppo, baik wilayah timur maupun barat, telah diambil alih pemerintah. Namun, oposisi tak ingin pergi begitu saja tanpa perlawanan. Kemarin (23/12) mereka tetap menyerang kota terbesar Syria tersebut.

Kelompok oposisi membombardir Aleppo barat yang dikuasai pemerintah. Serangan tersebut menyebabkan tiga orang tewas. Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengungkapkan, setidaknya ada sepuluh bom yang dijatuhkan di Distrik Al Hamdaniya di wilayah barat daya Aleppo.

Sejak perang sipil terjadi pada 2011, oposisi memang kerap menyerang Aleppo sisi barat. Namun, serangan-serangan tersebut tidak terlalu berdampak bila dibandingkan dengan serangan pemerintah di wilayah Aleppo sisi timur yang dikuasai oposisi.

Komite Palang Merah Internasional mengungkapkan, sekitar 40 ribu penduduk sipil Aleppo timur telah berhasil dikeluarkan. Sebagian kecil dibawa ke Aleppo barat. Termasuk ke Distrik Ramussa. Namun, mayoritas pergi ke Provinsi Idlib. Wilayah Idlib masih dikuasai oposisi.

”Pembebasan Aleppo bukan hanya kemenangan bagi Syria, tapi juga untuk mereka yang benar-benar berkontribusi terhadap perjuangan melawan terorisme, utamanya Rusia dan Iran,” ujar Presiden Syria Bashar Al Assad seperti dilansir kantor berita SANA.

Pasukan pemerintah dan para sekutunya, termasuk Hizbullah, kemarin menyisir distrik-distrik yang telah ditinggalkan oleh oposisi. Tujuannya, menghilangkan ranjau dan hal-hal berbahaya lain yang ditinggalkan oleh oposisi.

Kemenangan atas oposisi tersebut dirayakan oleh penduduk Aleppo barat. Mereka turun ke jalan dan meneriakkan berbagai slogan dukungan terhadap pemerintahan Assad. Mobil-mobil membunyikan klakson dan alun-alun kota dipenuhi orang-orang yang merayakan kemenangan Assad tersebut.

”Kami sangat bersukacita. Kehidupan kembali ke Aleppo hari ini,” ujar Omar Halli, salah satu penduduk yang merayakan kemenangan pemerintah.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin kemarin mengungkapkan bahwa negaranya, Iran, Turki, dan Assad telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan damai. Lokasi yang disepakati adalah Astana, Kazakhstan. Rencananya, pertemuan digelar bulan depan.

Presiden keempat Rusia tersebut juga menegaskan bahwa proses evakuasi di Aleppo tidak mungkin terjadi tanpa bantuan Moskow, Teheran, Ankara, serta keinginan baik dari Assad. Langkah berikutnya yang harus diambil Syria adalah gencatan senjata secara nasional. (Reuters/AFP/sha/c11/any)

About admin

x

Check Also

Twitter Blokir 376 Ribu Akun Ekstrem dan Serukan Teroris

Ribuan akun diblokir Twitter. Penyebabnya, akun-akun tersebut dinilai menyerukan aksi terorisme. Pada ...