Home / RUBRIK / KESEHATAN / TIP SEHAT / 10 Jenis Penyakit yang Mengharuskan Pria Disunat

10 Jenis Penyakit yang Mengharuskan Pria Disunat

Sungguh besar faedah sunat. Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, pria yang telah disunat, risiko terserang AIDS lebih berkurang.

“Banyak sekali manfaat sunat bagi pria yang telah melakukannya, di antaranya lebih dari 80 persen kasus HIV tertular dari penis yang tidak disunat,” kata Mahdian dalam keterangan persnya kepada JPNN.com.

Selain itu, pria yang tidak disunat memiliki resiko 2 kali lebih besar terkena kanker prostat, dan pria dewasa yang disunat lebih kecil 4,5 kali terkena risiko HIV/AIDS.

“Pria yang tidak disunat akan lebih mudah terjangkit berbagai macam penyakit,” ucapnya.

Namun, ada juga penyakit-penyakit yang mengharuskan pria segera disunat. Berikut 10 jenis penyaktinya:

1. Fimosis ialah keadaan di mana didapatkan konstriksi/penyempitan dari ujung kulit depan (foreskin) penis.

Fimosis bisa ditemukan karena faktor genetikal (bawaan sejak lahir) atau juga bisa akibat peradangan lubang pada kulit penis.

2. Parafimosis ialah kondisi saat kulup penis tidak dapat ditarik kembali ke kepala penis.

Dapat menyebabkan kulup penis membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada penis.

3. Balanitis ialah pembengkakan dan rasa nyeri atau iritasi kulit dan kepala penis. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat.

4. Kondiluma Akuminata atau kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis, atau dubur yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Kulit genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung atau batang penis dan di bawah kulit depannya (apabila jika tidak disunat).

5. Karsinoma Sel Skuamosa ialah kanker yang berasal dari lapisan tengah epidermis. Penyakit bowen adalah suatu bentuk karsinoma sel skuamosa yang terbatas pada epidermis dan belum menyusup ke jaringan di bawahnya (dermis).

Kulit yang terkena tampak coklat-merah dan bersisik atau berkeropeng dan mendatar, kadang menyerupai bercak pada psoriasis, dermatitis atau infeksi jamur.

6. Hipospadia ialah salah satu keabnormalan pada saluran kemih atau uretra dan penis.

Dalam kondisi normal, lubang uretra terletak di ujung penis untuk mengeluarkan urine. Tetapi pada pengidap hipospadia, lubang uretra justru berada di bagian bawah penis.

7. Epispadia ialah kelainan kongiental berupa tidak adanya dinding uretra bagian atas. Kelainan ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering pada laki-laki.

Ditandai dengan terdapat nya lubang uretra di suatu tempat pada permukaan dorsum penis.

Epispadia merupakan malformasi congenital dimana uretra bermuara pada permukaan dorsal penis.

Epispadia adalah suatu kelainan bawaan pada bayi laki-laki, dimana lubang uretra terdapat di bagian punggung penis atau uretra tidak berbentuk tabung, tetapi terbuka.

8. Megalouretra ialah pelebaran nonobstruktif uretra. Kondisi ini biasanya terkait dengan perkembangan abnormal korpus spongiosum dan korpus kavernosum dalam tahap perkembangan janin.

9. Webbed Penis (Penis berselaput) juga disebut palmatus penis/fusi penoscrotal ialah bawaan kondisi di mana kulit skrotum meluas ke batang penis ventral.

Penis berselaput juga dapat diperoleh (iatrogenik) setelah sunat atau operasi penis lainnya, yang dihasilkan dari penghapusan berlebihan kulit penis ventral; penis dapat menarik kembali ke dalam skrotum, sehingga sekunder phimosis(terjebak penis).

10. Kelainan Pembekuan Darah juga disebut trombofilia atau hiperkoagulasi adalah penyakit yang melibatkan pembekuan darah secara berlebihan. Bahkan pada daerah di mana seharusnya pembekuan tidak boleh terjadi; seperti pada pembuluh darah.

Sehingga mengakibatkan kondisi yang membahayakan jiwa. Pembekuan darah adalah cara alami tubuh untuk mencegah kehilangan darah secara berlebihan.

(JPNN)

About admin

x

Check Also

Bawang Merah Ternyata Banyak Banget Manfaatnya untuk Kesehatan

BAWANG merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L, merupakan tumbuhan ...