Home / RUBRIK / KESEHATAN / RS BETHA MEDIKA / 14 Manfaat Echocardiography Jantung (USG Jantung)

14 Manfaat Echocardiography Jantung (USG Jantung)

yudi-nugrahaJantung merupakan salah satu organ yang paling penting bagi manusia. Jantung harus selalu dijaga sedemikian rupa supaya tidak terjadi gangguan yang dapat berakibat pada kematian. Bagi anda yang ingin selalu memiliki jantung sehat dan yang pasti terhindar dari beragam jenis penyakit tentu membiasakan pola hidup sehat merupakan salah kuncinya. Bukan hanya gemar mengkonsumsi makanan sehat namun kita juga dituntut untuk secara rutin melakukan olahraga.

Sebagai langkah untuk berjaga- jaga, anda juga dapat melakukan pendeteksian awal serangan jantung atau penyakit jantung dengan Echocardiography atau yang sering disebut pula dengan Echo. Echocardiography merupakan pemeriksaan jantung di dunia medis dengan menggunakan ultrasonography. Cara ini juga dapat disebut pula dengan USG jantung. Manfaat echo jantung juga sangat besar untuk menentukan diagnosa awal penyakit jantung.

Bukan hanya untuk orang dewasa, namun Echocardiography juga dapat digunakan juga pada anak-anak atau bahkan pada bayi yang baru lahir. Pendeteksian sejak awal, berguna untuk mengetahui apakah ada kelainan pada jantung yang dapat berakibat buruk nantinya.

Berikut ini manfaat echo jantung antara lain:

1. Untuk mengetahui apakah ada penyakit jantung bawaan
2. Melihat apakah ada thrombus
3. Untuk melihat bagaimana keadaan pembuluh darah coroner
4. Untuk memeriksa kekuatan kontraksi otot-otot pada jantung
5. Untuk menilai cara kerja jantung
6. Untuk melihat adanya kelainan pada katup atau tidak
7. Untuk melihat adanya kelainan pada jantung
8. Untuk melhat adanya peradangan pada jantung
9. Apakah ada infeksi virus
10. Untuk mengetahui apakah ada infeksi pada jantung

Manfaat Echo pada Bayi

Pemeriksaan jantung melalui echo ternyata tidak hanya dapat dilakukan pada orang yang telah dewasa namun juga dapat dilakukan pada bayi atau bahkan yang baru lahir. Adapun manfaatnya yaitu:

1. Untuk menilai fungsi jantung pada bayi
2. Untuk menilai bagaimana keadaan jantung pada anak yang terlahir dengan berat badan kurang
3. Untuk mendeteksi apakah ada penyakit jantung bawaan. Dalam hal ini, umumnya cacat jantung banyak yang          belum dapat terdeteksi sehingga baru diketahui beberapa waktu kemudian.
4. Untuk mengetahui bagaimana keadaan jantung pada seorang bayi yang dilahirkan lebih awal dibandingkan kelahiran normal

Penyakit jantung yang diderita oleh anak-anak, umumnya menunjukkan gejala yang tidak khas. Adapun jenis gejalanya antara lain adalah:

A. Kesulitan seorang anak ketika hendak menghisap ASI pada ibunya
B. Terdengar bising jantung ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter
C. Berat badan yang sulit bertambah
D. Anak sering terkena infeksi pada saluran pernapasan
E. Anak sering terengah-engah
F. Warna biru pada jari tangan, jari kaki juga pada mulut yang lama-kelamaan akan terlihat semakin jelas

Pemeriksaan echo jantung tidaklah menimbulkan bahaya radiasi. Hal ini dikarenakan pemeriksaan ini tidak menggunakan zat-zat yang bersifat radiasi atapun dengan menggunakan sinar. Dalam melakukan echo jantung, pasien tidaklah merasakan sakit namun bagi anak-anak terkadang muncul rasa takut sehingga mudah rewel. Pada seorang anak yang rewel terkadang diberi obat supaya lebih tenang dan pemeriksaan dapat berjalan dengan baik.
Kelainan pada Jantung

Ada beberapa hal yang dapat menganggu cara kerja jantung entah karena penyakit atau serangan jantung. Penyakit ataupun serangan jantung, dapat menimbulkan kematian sehingga harus diwaspadai.
Penyakit jantung sendiri merupakan kondisi yang dapat membuat jantung tidak melakukan kerjanya dengan baik.

Adapun beberapa penyebab penyakit jantung yaitu:

Otot jantung yang lemah. Hal ini merupakan kelainan yang biasanya bawaan sejak lahir. Ketika otot jantung seseorang lemah, maka si penderita tidak boleh mengerjakan tugas-tugas yang berat karena akan menimbulkan rasa sakit yang terkadang dapat pula membuat tubuh menjadi berwarna kebiruan. Orang yang menderita kelainan jantung karena otot jantung lemah biasanya mudah pingsan.

Terdapat celah pada serambi kanan dan serambi kiri. Hal ini dapat membuat darah bersih serta darah kotor tercampur. Sama seperti penderita otot jantung lemah, penderita kelainan jantung yang satu ini juga dilarang melakukan aktivitas berat karena dapat membuat penderita mengalami sesak napas serta tubuh menjadi biru.
Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan jantung tidak dapat berfungsi sama sekali. Serangan jantung umumnya terjadi secara mendadak serta sering pula disebut dengan gagal jantung.

Penyebab serangan jantung cukup beragam yaitu terhambatnya suplai darah pada otot jantung, karena lemak serta kolesterol atau bisa pula diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan yang mengandung phenol propano alanin seperti nikotin dan obat batuk / pilek.

Selain beragam penyebab tersebut, serangan jantung juga dapat terjadi ketika melakukan aktivitas yang melebihi ambang batas. Hal Ini Sering Terjadi pada Pesepak Bola.

Bagi anda yang tidak ingin terkena serangan jantung ataupun jenis penyakit jantung lainnya, sebaiknya mulai dari sekarang membiasakan hidup sehat. Kebiasaan sehat, dapat dimulai dari makanan yang dikonsumsi serta dengan melakukan aktivitas yang sehat seperti olahraga dengan kadar yang sehat dan tidak berlebihan.

Bagi Sahabat Yang ingin memeriksakan jantung nya dengan cara Echocardigraphy maka sahabat dapat langsung mengunjungi RS.Betha Medika.kami siap melayani anda. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, Salam Semakin sehat, untuk kita semua dari kami keluarga Besar Rumah Sakit Betha Medika. (*)

About admin

x

Check Also

Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Luka adalah kerusakan ...