Home / RUBRIK / KESEHATAN / TIP SEHAT / Enam Cara Mencegah Penyakit Jantung
Ilustrasi. Foto dok Healthycare

Enam Cara Mencegah Penyakit Jantung

Ilustrasi. Foto dok Healthycare

Ilustrasi. Foto dok Healthycare

PENYAKIT jantung adalah pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Di Indonesia, penyakit ini juga tak kalah menakutkan.

Selain itu, biasanya penyakit jantung hadir bersamaan dengan jenis penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas hingga serangan jantung.

Meskipun penyakit jantung menyerang pria dan wanita, resiko penyakit jantung khususnya pada wanita akan meningkat setelah menopause.

Karena itu, hal ini tentu saja harus dicegah sejak dini.

Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Tahu resiko Anda.

“Hubungi dokter Anda dan melakukan pemeriksaan jantung secara menyeluruh. Tapi jangan berhenti di situ. Tahu ukuran pinggang, gula darah dan riwayat kehamilan juga,” kata kardiologi, Lori Mosca, MD, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (18/9).

Jika tidak tahu resikonya, Anda mungkin tidak akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya yang bisa menyelamatkan hidup Anda.

2. Melihat tanda-tanda.

Gejala serangan jantung pada wanita berbeda dari pria. Bahkan, 43 persen dari wanita kadang tidak merasakan gejala sama sekali. Apa yang mereka alami? Kelelahan ekstrim.

Pada hari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan jantung, lebih dari 70 persen dari wanita mengalami kelelahan. Anda mungkin tiba-tiba merasa terlalu lelah untuk memasak makan malam atau mengangkat laptop.

Tanda-tanda lain yang harus diperhatikan adalah nyeri ringan di dada, punggung atas, bahu, leher, rahang, berkeringat berlebihan, mual, pusing, sesak napas, sulit tidur dan kecemasan.

3. Menurunkan tekanan darah.

Meskipun tidak menyebabkan gejala, tekanan darah tinggi meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke, serta aneurisma, penurunan kognitif, dan gagal ginjal.

Untungnya, kebanyakan orang bisa menurunkan tekanan darah mereka secara alami tanpa obat. Meditasi dan yoga, olahraga teratur, membatasi konsumsi alkohol dan mengurangi jumlah natrium dalam diet Anda, semua ini adalah cara alami menurunkan BP Anda.

4. Detoksifikasi diet Anda.

Jangan khawatir. Anda bisa memanjakan jantung Anda dengan menghindari makanan yang mengandung gula, sodium dan lemak trans.

5. Kurangi konsumsi daging.

Penelitian dari University of Oxford menunjukkan diet vegetarian mengurangi risiko rawat inap atau kematian akibat penyakit jantung.

Non pemakan daging tidak hanya secara signifikan lebih kecil kemungkinannya mengembangnya penyakit jantung, tapi juga minimnya kemungkinan terserang kanker dan penyakit bawaan makanan.

6. Olahraga.

Anda sering berpikir bahwa tidak punya waktu untuk olahraga. Dalam survei nasional terbaru dari 2.300 perempuan, satu dari tiga wanita mengatakan mereka terlalu sibuk mengurus kesehatan jantung mereka.

Tapi jika Anda memiliki waktu 10 menit untuk coffee break, maka Anda pasti punya waktu untuk olahraga. Memanfaatkan waktu 10 menit berjalan bisa mengakibatkan tekanan darah menurun.(fny/chi/jpnn)

loading...

About admin

x

Check Also

Manfaat Makan Biji-Bijian

Belakangan, dalam sajian makanan dan minuman sehat, ada toping seperti biji-bijian yang ...