Home / RUBRIK / KESEHATAN / RS BETHA MEDIKA / Apakah Anda Memiliki Tubuh Cadangan ?

Apakah Anda Memiliki Tubuh Cadangan ?

dr-raditya-asri-wisuda-mars

Oleh: Dr Raditya Asri Wisuda, MARS Direktur RS Betha Medika

Jawabannya adalah ya, betul kita memiliki tubuh cadangan, jika para pembaca mengizinkan ginjal kita terserang penyakit sehingga perlu menggunakan mesin pencuci darah secara rutin seumur hidup, jika para pembaca mengizinkan jantungnya sakit sehingga memerlukan tindakan pencangkokan jantung, jika para pembaca memperbolehkan berat badan Anda terus naik sehingga di usia tua nanti tulang dan persendian Anda menjadi sakit sehingga diperlukan penggantian tulang dan sendi.

Para pembaca sekalian, tubuh kita, sebagai sebuah pemberian Tuhan akan selalu menyertai kita sejak kita terlahir di dunia ini sampai akhir hayat nanti. Sang Maha Pencipta telah mengamanatkan tubuh satu-satunya ini untuk kita jaga baik-baik agar kita dapat menjalankan peran kita di dunia ini. Peran dalam artian yang baik tentunya.

World Health Organization mendefinisikan sehat sebagai keadaan yang bebas dari penyakit dan kelemahan, sehingga fisik, mental serta sosial kita bisa digunakan untuk mensejahterakan diri serta orang-orang tercinta kita.

Di atas merupakan data penyakit yang tersering menimbulkan kematian. Dari beberapa penyakit di atas, stroke, jantung dan pembuluh darah, hipertensi, diabetes serta komplikasinya merupakan penyakit yang sangat terkait dengan gaya hidup. Artinya merupakan penyakit yang timbul sebagai ‘tabungan’ dari gaya hidup yang selama ini kita lakukan, setiap hari, sedikit demi sedikit.

Ada tiga upaya utama yang bisa kita lakukan sebagai perwujudan ikhtiar kita agar kita tetap sehat, yaitu berpola makan yang sehat, beraktivitas fisik yang memadai serta berhenti merokok.

Pola makan yang sehat bisa terwujud dengan empat aktivitas utama, yaitu perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan, lakukan pembatasan garam pada makanan sehari-hari Anda, makanlah makanan yang rendah lemak serta kolesterol dan upayakanlah memiliki berat badan yang sehat.

Beberapa ukuran sederhana aktivitas fisik yang dapat kita jadikan panduan adalah melakukan olahraga dengan intensitas sedang, misal berjalan cepat, berenang dan bersepeda. Kemudian usahakan olahraga ini kita lakukan minimal selama 150 menit dalam setiap minggunya agar kita memperoleh manfaat yang optimal.

Tapi jangan lupa, ‘any exercise is better than no exercise’ olagraga apa pun jauh lebih baik daripada tidak berolahraga.

Yang terakhir adalah, berhentilah merokok. Ya saya Paham sekali bahwa ini tidak mudah, karena merupakan sebuah gaya hidup yang berkaitan erat dengan industri yang sangat besar.

Tapi percayalah, kenikmatan para pembaca sekalian dalam merokok, tidak akan sepadan dengan penderitaan istri dan anak-anak tercinta Anda jika kemudian Anda terkena kanker paru-paru maupun komplikasi merokok lainnya.

Perkenankan saya mengutip kata-kata bijak KH Abdullah Gymnastiar, mari mulailah hidup lebih sehat dari diri kita sendiri, sejak sekarang, dari hal yang kecil. Terkecuali, jika para pembaca sekalian berminat menggunakan tubuh cadangan Anda.
Salam semakin sehat untuk kita semua dari kami keluarga besar Rumah Sakit Betha Medika.(*)

loading...

About admin

x

Check Also

Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Luka adalah kerusakan ...