Home / RUBRIK / KESEHATAN / ASYFAA / Bahan-Bahan Tambal Gigi (2)

Bahan-Bahan Tambal Gigi (2)

INDIRECT RESTORATIONS

drg.Melinda-Afryani

drg.Melinda Afryani Dokter Gigi RSI.ASSYIFA

Adalah tambalan yang dibuat di laboratorium, dimana sebelumnya gigi dan rahang pasien sudah di cetak oleh dokter gigi kemudian hasil cetakan tersebut di kirim ke laboraturium. Umumnya indirect restorations berupa logam tuang yang akan disemenkan pada gigi yang telah dipreparasi, dan pengerjaannya membutuhkan waktu lebih dari satu kali kunjungan. Material yang lazim digunakan adalah porcelain, logam paduan emas, atau logam paduan dasar. Indirect restorations umumnya diindikasikan pada gigi belakang (premolar maupun molar).

Macam dari indirect restorations diantaranya adalah :
1. Inlay
2. onlay
3. crown atau mahkota tiruan

Permukaan gigi premolar & molar tidak rata melainkan ada tonjol-tonjol (cusps). Inlay adalah tambalan yang berada diantara cusp, sehingga ukurannya tidak begitu luas. Sementara onlay biasanya lebih luas dan menutupi salah satu atau lebih tonjol gigi tersebut. Dapat dikatakan onlay adalah merekonstruksi kembali gigi yang kerusakannya sudah sangat luas.

Inlay serupa dengan onlay, yaitu tambalan dari logam tuang di dental lab kemudian di cetakan ke gigi yang karies dan sudah berlubang besar atau gigi tambalan yang kondisinya sudah buruk dan harus diganti, bila ditambal secara direct dengan amalgam ataupun resain komposit dikhawatirkan tambalan tersebut tidak akan bertahan lama karena patah atau lepas.

Pertama-tama gigi pasien mengalami karies dibersihkan, atau tambalan lama dibongkar. Kemudian gigi diasah /diprepasi untuk inlay/onlay, setelah prepasi selesai gigi pasien di cetak. Hasil cetakan akan dibawa ke dental lab untuk diproses selanjutnya. Gigi pasien lalu ditutup dengan tambalan sementara.
Setelah jadi inlay/onlay, pasien dating kembali dan tambalan sementara akan dI bongkar. Kemudian inlay/onlay tersebut dipasangkan kepada pasien. Bila kedudukannya baik maka inlay/onlay tersebut akan disemenkan sehingga cekat dan tidak dapat dilepas sendiri oleh pasien.(*)

About admin

x

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Mimisan

Setiap ada darah pada muka termasuk di dalamnya mimisan atau epistaksis (bahasa ...