Home / RUBRIK / KESEHATAN / ASYFAA / Bahan-Bahan Tambal Gigi (1)

Bahan-Bahan Tambal Gigi (1)

drg.Melinda Afryani Dokter Gigi RSI.ASSYIFA

drg.Melinda Afryani
Dokter Gigi RSI.ASSYIFA

Dalam kedokteran gigi, menangani permasalahan gigi patah atau gigi berlubang bukanlah hal yang sulit. Terdapat cukup banyak jenis material yang dapat digunakan untuk menambal gigi, namun yang umum digunakan di Indonesia adalah amalgam,resin komposit dan GIC. Masing-masing bahan mempunyai indikasi,kelebihan dan kekurangan , jadi tidak semua kasus dapat ditambal dengan bahan manapun. Secara umum tambalan gigi dapat digolongkan menjadi dua yaitu direct restoration dan indirect restoration.

1. Direct Restorations

Adalah tambalan yang secara langsung dikerjakan oleh dokter gigi pada gigi pasien di dental unit, tanpa membutuhkan proses pengerjaan di laboratorium.

• Amalgam adalah bahan tambal berbahan dasar logam, dimana komponen utamanya adalah Likuid, likuid yaitu logam merkuri bubuk yaitu logam paduan yang kandungan utamanya terdiri dari perak, timah, dan tembaga. Selain itu juga terkandung logam-logam lain dengan presentase yang lebih kecil. Kedua komponen tersebut direaksikan membentuk tambalan amalgam yang akan mengeras,dengan warna logam yang kontras dengan warna gigi.

Kelebihan bahan ini adalah bahan tambal gigi yang lebih kuat, sedangkan kekurangannya secara estesis kurang baik karena jangka waktu yang lama tepi-tepi tambalan yang berbatasan langsung dengan gigi dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi sehingga tampak membayang kehitaman.

2. Resin Komposit

Adalah bahan tambal sewarna gigi, dengan bahan dasar polimer dan ditambahkan dengan partikel anorganik sebagai penguat. Bahan tambal ini umumnya mengalami reaksi pengerasan dengan bantuan sinar (Sinar UV, atau bis juga dengan visible light)

Kelebihan dari bahan ini adalah secara estetik sangat memuaskan , terutama resin composite dengan fromulasi terkini dimana hasil akhirnya sangat menyerupai gigi asli, namun tentu membutuhkan keterampilan dan keahlian dari Dokter Gigi.

Kekurangan dari bahan ini adalah membutuhkan tahapan-tahapan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup mendalam dari Dokter Gigi untuk mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan dan tahan lama. Jika tidak tambaslan dapat mudah cepat lepas/patah, berubah warna dll.

3. Glass Lonomer Cement ( GIC)

GIC adlah bahan tambal sewarna gigi yang komponen utamanya adalah likuid, yang merupakan gabungan air dengan Polyacid (asam poliakrilat, maleat, itakonat, tartarat)

Kelebihan bahan tambal ini meraih popularitas karena sifatnya yang dapat melepas fluor yang sangat berperan sebagai anti karies. Dengan bahan ini resiko kemungkinan untuk terjadinya karies sekunder dibawah tambalan jauh lebih kecil disbanding bila menggunakan bahan tambal lain.

Kekurangan bahan ini kekuatannya lebih rendah bila dibandingkan dengan bahan tambal lain, sehingga tidak disarankan digunakan pada gigi yang beban kunyah besar seperti gigi geraham
Terima kasih semoga bermanfaat dan masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan untuk tampil lebih sehat dan percaya diri.(*)

loading...

About

x

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Mimisan

Setiap ada darah pada muka termasuk di dalamnya mimisan atau epistaksis (bahasa ...