Home / RUBRIK / KESEHATAN / RS BETHA MEDIKA / Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Feggi-Hamonangan-Lubis,Am.Kep

Oleh : Feggi Hamonangan Lubis,Am.Kep Kepala Unit Kamar Operasi RS Betha Medika

Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Luka adalah kerusakan jaringan kulit, mukosa membran dan tulang atau organ tubuh lain. Luka operasi adalah luka yang disebabkan karena tindakan operasi misalnya tindakan operasi sesar, operasi usus buntu, dll.
Biasanya luka tipe ini lebih beraturan dan rapih  berupa sayatan dan sudah dilakukan penjahitan , sehingga biasanya luka tidak dalam kondisi terbuka.

Untuk kondisi ini luka biasanya berada dalam kondisi luka bersih sehingga yang harus ditekankan adalah perawatan luka setelelah berada dirumah dan  juga harus mempertahankan kebersihannya / sterilitasnya, karena itu adalah hal yang terpenting yang harus diperhatikan agar luka segera sembuh dan tidak terjadi masalah setelahnya.

 Tubuh yang sehat mempunyai kemampuan alami untuk melindungi dan memulihkan dirinya. Peningkatan aliran darah ke daerah yang rusak, membersihkan sel dan benda asing dan perkembangan awal seluler bagian dari proses penyembuhan.

 Proses penyembuhan terjadi secara normal tanpa bantuan, walaupun beberapa bahan perawatan dapat membantu untuk mendukung proses penyembuhan. Sebagai contoh, melindungi area yang luka bebas dari kotoran dengan menjaga kebersihan membantu untuk meningkatkan penyembuhan jaringan. Dan yang tidak kalah penting adalah kondisi nutrisi dari pasien yang telah dilakukan operasi.

 Karena dalam beberapa kasus nutrisi atau gizi yang didapat dapat mempengaruhi penyembuhan luka. Namun tentunya tergantung dengan kondisi pasien itu sendiri, jika pasien tersebut mempunyai riwayat alergi terhadap suatu makanan atau memiliki gangguan kesehatan lainnya yang mengakibatkan harus menghindari beberapa makanan harus melakukan konsultasi kepada ahlinya dalam hal ini dokter maupun ahli gizi.

 Kali ini saya mencoba untuk membahas tentang perawatan luka pasca operasi caesar. Karena banyak pertimbangan, kini banyak proses melahirkan yang dilakukan secara caesar. Pemulihan setelah melahirkan secara caesar memerlukan waktu penyembuhan dan perawatan yang lebih lama dibandingkan dengan melahirkan secara normal.

 Disamping itu, perawatan luka caesar juga harus dilakukan dengan benar untuk menghindari resiko – resiko yang tidak di inginkan. Yang bisa terjadi akibat dari perawatan luka caesar yang tidak benar adalah dapat menyebabkan infeksi pada luka atau bahkan juga bisa menyebabkan kematian yang dikarenakan infeksi kronis pada luka bekas operasi caesar. Nah berikut adalah tips cerdas dan aman perawatan luka caesar dirumah yang bisa dilakukan kapan saja :

Tips merawat luka operasi caesar dirumah

– Luka bekas operasi caesar umumnya akan ditutup dengan menggunakan plaster tahan air oleh dokter. Hal ini dilakukan karena sebagai bentuk pencegahan agar luka bekas operasi caesar tidak terkena air dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Agar luka bekas operasi caesar selalu kering maka saat mandi anda disarankan untuk membersihkan leher hingga lokasi plester. Bersihkan badan dengan handuk yang bersabun dan kemudian bilas badan dengan handuk yang telah dibasahi oleh air. Hindarilah tetesan air mengenai bagian plester. Sedangkan untuk muka dan bagian tubuh dibawah plester luka anda dapat membersihkan seperti biasanya.

– Setelah selesai mandi, bersihkan luka bekas caesar menggunakan larutan antiseptik yang diberikan oleh dokter. Kunci utama agar luka bekas caesar cepat sembuh adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan luka agar terhindar dari infeksi.

– Kenali gejala – gejala luka operasi caesar yang berkemungkinan terkena infeksi seperti kemerahan, pembengkakan, keluarnya cairan dari sela – sela jahitan ataupun juga timbul luka lain disela – sela jahitan. Jika anda mengalami salah satu gejala seperti ini dan disertai dengan sakit kepala, demam, atau bahkan merasa tidak enak badan anda harus segera menemui dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

– Selama luka yang ada diluar belum kering benar, jenis pakaian yang anda kenakan harus diperhatikan. Lebih aman jika anda menggunakan pakaian yang longgar dan mampu menyerap keringat seperti kaos oblong, daster atau baju terusan panjang seperti gamis. Pemilihan baju yang longgar ini untuk menghindari luka bergesekan dengan bahan pakaian.

– Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga harus dilakukan seperti mengkonsumsi makanan sehat pastikan anda juga mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan. Dan jangan lupa meminum air putih yang banyak karena bermanfaat untuk pemulihan luka dan juga pembentukan sel – sel  baru. Mengkonsumsi protein juga baik untuk mempercepat penyembuhan luka bekas caesar tapi anda juga harus pintar – pintar dalam pemilihan protein.

– Perbanyak minum air putih. Dengan mengkonsumsi banyak cairan selama proses penyembuhan, maka akan menggantikan volume cairan yang hilang saat melahirkan dan menyusui dan tentu ini dapat mencegah sembelit.

– Lakukan aktivitas yang ringan. Hindarilah aktivitas berat seperti mengangkat beban, mengemudikan mobil atau melakukan olahraga yang normal. Anda dapat melakukan olahraga dengan cara berjalan kaki saat pagi sekitar 30 menit karena bisa membantu memperlancar sirkulasi darah dan membantu proses penyembuhan luka caesar.

– Lakukan kontrol sesuai jadwal untuk memastikan perkembangan dari kesembuhan luka bekas operasi Caesar tersebut, tetapi jangan tunda waktu kunjungan ke dokter jika terdapat gejala-gejala sebagai berikut:
• Luka bekas operasi terlihat kemerahan, bengkak atau terdapat cairan yang keluar.
• Demam lebih dari 38 derajad Celsius.Nyeri hebat pada luka bekas operasi.
Nah itulah beberapa trik perawatan luka caesar dirumah yang bisa pembaca lakukan. Selama anda menjaga kebersihan dan kekeringan luka, menjaga pola makan sehat dan bisa menahan diri untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berat maka luka caesar akan segera sembu dan juga akan terhindar dari  resiko – resiko buruk.  Namun cara tersebut juga dapat dilakukan pada pasien pasca operasi lainnya seperti usus buntu dll.  Hanya sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan pada pembaca, semoga dapat bermanfaat dan menjadi ibadah. Terima kasih.(*)

About admin

x

Check Also

Golden Age, Masa Usia Emas Penentu Masa Depan Anak

Buah hati merupakan kado terindah yang Tuhan berikan kepada orang tua sebagai ...