Home / RUBRIK / KESEHATAN / TIP SEHAT / Pengidap Diabetes Bisa Makan Apa Pun, Asal Takarannya Dikurangi

Pengidap Diabetes Bisa Makan Apa Pun, Asal Takarannya Dikurangi

DiabetesDIABET – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang perlu mengendalikan pola makan seimbang. Tujuannya untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Namun, dalam mengendalikan pola makan, banyak orang yang salah persepsi. Banyak yang menganggap, jika pengidap diabetes banyak pantangan soal makanan. Misalnya‎, dilarang memakan buah atau makan nasi.

Ahli penyakit dalam dan konsultan endokrin dari RS Cipto Mangunkusumo dr Tri Juli Edi Tarigan mengatakan, ‎sebenarnya pengidap diabetes diperbolehkan makan apa pun seperti orang normal pada umumnya.

“Hanya saja, kalori yang mengidap diabetes dan tidak‎ itu berbeda. Jadi, cuma takaran makanannya saja yang dibedakan,” ujar Tri saat ditemui di Hotel JW Marriot Jakarta, Selasa (26/4).

Tri mencontohkan, orang yang mengidap diabetes ingin memakan buah. Pengidap diabetes cukup separuh porsinya. “Ya, tidak masalah. Tapi, makannya hanya sekadar melepas rindu mulutnya saja,” katanya.

‎Begitu pula, jika pengidap diabetes ingin memakan nasi yang notabenenya mengandung karbohidrat atau gula berlebih. “Porsi nasinya ya tinggal dikurangi. Asal takarannya benar, maka gula darah tidak akan naik,” ucapnya.

Bisa juga mengganti nasi dengan memakan roti, ‎kentang, mi ataupun tales. “Jadi, tidak sepenuhnya makan nasi. Dan tetap ingat takarannya harus beda dengan orang yang tidak mengidap diabetes,” tandas Tri. (rka/JPG)

loading...

About admin

x

Check Also

4 Menu Seimbang Cegah Kanker

Ibu cerdas pasti mengetahui gizi seimbang bagi keluarganya. Hal itu terlihat dalam ...