Home / RUBRIK / KESEHATAN / RS BETHA MEDIKA / Melahirkan Normal Atau Sesar
Oleh : dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS. Betha Medika Sukabumi

Melahirkan Normal Atau Sesar

Kehamilan adalah sebuah proses yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh pasangan suami-istri dan keluarga. Semua pihak akan sangat berbahagia apabila seorang ibu diberikan kesempatan serta kepercayaan oleh Tuhan YME untuk diberikan momongan. Namun di balik itu semua, kehamilan juga merupakan proses yang sangat beresiko bagi ibu dan juga anak yang dikandungnya. Proses kehamilan, melahirkan, dan masa nifas adalah suatu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Proses melahirkan tentunya adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Secara umum proses persalinan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu melahirkan normal, melahirkan dengan bantuan alat, serta melahirkan dengan operasi sesar.
Dalam proses melahirkan, seluruh tim medis yang menangani (bidan, dokter umum, dokter spesialis) akan berupaya untuk menjaga keselamatan nyawa ibu dan bayi dari awal hingga akhir.

Melahirkan normal bisa terjadi pada ibu hamil serta bayi yang dikandungnya dalam keadaan sehat, tanpa masalah faktor resiko. Masalah faktor resiko diantaranya adalah masalah usia, lebar pinggul, perdarahan, posisi bayi yang tidak normal di dalam rahim, lokasi penempelan ari-ari, tekanan darah tinggi, kejang, usia kehamilan lewat waktu, dan banyak masalah-masalah lainnya. Kebanyakan ibu hamil memang dapat bersalin secara normal apabila ibu dan bayinya bebas dari masalah.

Melahirkan dengan bantuan alat, biasanya terjadi pada pasien yang diperkirakan dapat melahirkan normal, namun setelah pembukaan lengkap ternyata kepala bayi tetap belum bisa lahir. Yang tersering akan dilakukan persalinan dengan bantuan alat penyedot (vakum), sehingga bayi bisa segera dilahirkan dalam keadaan sehat dan ibu terhindar dari resiko penyulit yang lebih berbahaya karena persalinan yang macet tersebut.

Melahirkan dengan operasi sesar dilakukan apabila ada faktor masalah pada ibu maupun bayi, sehingga apabila dilakukan persalinan normal ataupun dengan alat, justru akan membahayakan nyawa ibu serta bayi yang dikandungnya.

Misalnya masalah usia, sudah lama berupaya dalam memiliki anak, lebar pinggul, perdarahan, ari-ari menutupi jalan lahir, tekanan darah tinggi, kejang, bayi posisi sungsang atau lintang, ibu sangat gemuk, keadaan bayi yang sesak nafas di dalam kandungan, persalinan yang lama, tidak tercapai pembukaan lengkap pada persalinan yang dirangsang, sebelumnya pernah dilakukan operasi, serta banyak keadaan lainnya yang merupakan pertimbangan utama untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi.

Dari ketiga jenis persalinan tersebut, manakah persalinan yang paling aman?Apakah melahirkan normal adalah metode persalinan yang paling aman?jawabannya adalah TIDAK. Apakah melahirkan dengan vakum membahayakan bayi?jawabannya TIDAK. Apakah tindakan operasi sesar malah justru berbahaya bagi ibu?Jawabannya juga TIDAK.

Tidak semua ibu hamil aman untuk dilakukan persalinan normal, dan bukan berarti dengan operasi sesar malah menjadi berbahaya. Setiap keputusan jenis persalinan adalah untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

Persalinan yang paling aman adalah persalinan yang dapat melindungi keselamatan nyawa ibu hamil dan atau bayi yang dikandungnya, sehingga ibu tetap sehat, bayi lahir selamat dan terhindar dari keadaan penyakit yang tidak diinginkan akibat proses kehamilan, persalinan, masa nifas dan kehidupan seterusnya.

Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan rutin kehamilan sesuai dengan petunjuk tenaga kesehatan. Percayakanlah proses persalinan kepada tenaga kesehatan. Selalu bersiap untuk kemungkinan terburuk, karena selalu saja ada potensi munculnya masalah faktor resiko di setiap proses kehamilan, persalinan, dan masa nifas.

Sebagai penutup, saya ucapkan selamat berbahagia pada seluruh pasangan suami istri yang telah dan akan diberikan momongan, semoga Anda semua selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera tanpa kekurangan suatu apapun.(*)

About admin

x

Check Also

Perawatan Luka Pasca Operasi Caesar

Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Luka adalah kerusakan ...