Home / RUBRIK / KESEHATAN / ASYFAA / Kegunaan Lubang Biopori Bagi Kehidupan
Informasi Kesehatan dengan : Adi Rama Wiguna , AMD.A.L Team KESLING RSI.ASSYIFA

Kegunaan Lubang Biopori Bagi Kehidupan

Informasi Kesehatan dengan :  Adi Rama Wiguna , AMD.A.L Team KESLING RSI.ASSYIFA

Informasi Kesehatan dengan :
Adi Rama Wiguna , AMD.A.L
Team KESLING RSI.ASSYIFA

Lubang biopori atau disebut juga sumur biopori sangat bermanfaat dikarenakan secara alami lubang biopori akan terisi oleh air hujan dan air hujan tersebut akan meresap ke dalam tanah sehingga dapat mempengaruhi kenaikan kualitas air tanah di sekitar.

Pengertian lubang biopori adalah suatu lubang yang dibuat oleh manusia untuk membantu penyerapan air dikarenakan lahan hijau terbuka sudah tertutup oleh tembok atau semen sehingga air hujan tidak dapat meresap ke dalam tanah dan dapat berdampak terhadap lingkungan di sekitarnya. Kegunaan biopori bagi kehidupan manusia adalah: Mencegah terjadinya banjir. Lubang biopori yang dibuat bisa sebagai lubang resapan air bila terjadi hujan besar yang mana tanah di sekitar lingkungan sudah tertutup oleh semen atau tembok. Tempat pembuangan sampah organik.

Lubang biopori juga bisa berguna sebagai tempat sampah jenis organik. Menyuburkan tanaman. Sampah organik yang kita buang di lubang biopori merupakan makanan untuk organisme yang ada dalam tanah. Organisme tersebut dapat membuat sampah menjadi kompos yang merupakan pupuk bagi tanaman di sekitarnya. Menaikkan Kualitas air tanah. Sampah organik yang dimasukan ke dalam lubang biopori akan diuraikan oleh Organisme dalam tanah sehingga sampah dalam lubang biopori akan menjadi mineral-mineral yang kemudian dapat larut dalam air. Hasilnya, air tanah menjadi berkualitas karena mengandung mineral. (*)

loading...

About

x

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Mimisan

Setiap ada darah pada muka termasuk di dalamnya mimisan atau epistaksis (bahasa ...