Home / RUBRIK / KESEHATAN / Cegah Penyakit Kronis

Cegah Penyakit Kronis

KOL-2

Oleh:
Drg. Puspitasari Wahyuningtyas
Kepala Bidang Pelayanan Medis
RS. Betha Medika Sukabumi

Masih terasa di benak saya betapa kekuatan hati saya runtuh seketika saat mendengar diagnosa dokter atas ayahanda, Kanker Paru Stadium 4. Seketika itu pula yang terbayang adalah sebentar lagi saya akan menjadi seorang anak yatim yang mana tidak seorang anak pun akan siap menghadapinya.
Hal serupa mungkin telah Anda alami ataupun pernah Anda saksikan sehingga tentunya kita menyadari bahwa kondisi demikian tidak hanya memberikan duka namun juga sering kali menimbulkan begitu banyak kesulitan terutama bagi keluarga. Dari mulai beban fisik dan mental hingga beban finansial akibat biaya yang begitu besar dan jangka waktu yang relative panjang.
Kita tidak dapat menghindari kematian tapi yang perlu kita lakukan adalah melakukan yang terbaik untuk memperoleh hidup yang berkualitas.
“Hidup anda bukan hanya tentang anda tapi melibatkan sekelompok orang yang anda sayangi dan menyayangi anda”
Mari kita cegah penyakit kronis dari hidup kita dengan beberapa tips berikut ini :
1. HIDUP SEHAT
– Hindari kebiasaan buruk. Contoh : Merokok
– Istirahat cukup
– Olah Raga rutin
2. MAKAN SEHAT
– Penuhi 4 sehat 5 sempurna
– Pilihlah menu dan pola makan yang sehat
3. RUTIN MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN
Point ketiga ini salah satu yang terpenting namun sering terlupakan. Penyakit Kronis DAPAT DICEGAH dengan melakukan deteksi dini melalui “MEDICAL CHECK UP”.
Hingga saat ini yang lebih menyadari pentingnya MEDICAL CHECK UP adalah perusahaan karena mereka sadar kesehatan karyawan merupakan investasi. Karyawan sehat memberi arti produksi lebih baik dan HEMAT. Bayangkan bila suatu perusahaan memiliki 10 % saja karyawan dengan penyakit kronis. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan karyawan dimana seharusnya biaya tersebut dapat dialokasikan untuk produksi yang lebih menguntungkan?
Begitupun seharusnya yang terpikirkan oleh kita sebagai individu. Seandainya kita rutin melakukan MEDICAL CHECK UP maka manfaat yang akan diperoleh adalah :
1. Resiko penyakit kronis dapat terdeteksi
2. Mendeteksi penyakit yang telah memberikan gejala yang jelas
3. Mendapatkan nasehat dan bimbingan dari dokter untuk memperoleh hidup sehat.
Dari beberapa manfaat tersebut di atas memiliki dampak yang sangat besar bagi hidup anda dan keluarga. Dengan deteksi dini anda dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi diri anda dan keluarga.
Pemeriksaan MEDICAL CHECK UP pada umumnya terdiri dari :
1. Anamnesa
Bertujuan untuk mengetahui riwayat kesehatan dan mengetahui kondisi kesehatan terakhir yang dirasakan. Pada sesi ini pun dokter sekaligus memberikan nasihat dan bimbingan mengenai pola hidup sehat.
2. Pemeriksaan Fisik
Bertujuan untuk mendeteksi kelainan ataupun kondisi abnormalitas yang mungkin ada di tubuh dan tidak terasa.
3. Pemeriksaan Penunjang
Pemeriksaan ini bertujuan untuk penegakan diagnosa dan sebagai pendeteksi dini penyakit. Adapun pemeriksaan penunjang tersebut berupa pemeriksaan laboratorium dan atau pemeriksaan radiologi serta beberapa pilihan lain seperti Pemeriksaan Echo (untuk mendeteksi kelainan jantung, evaluasi kesehatan jantung).
Beberapa RS ataupun Klinik pada umumnya meyediakan beberapa Paket Pemeriksaan Kesehatan (MEDICAL CHECK UP) sehingga anda dapat dengan mudah menyesuaikan pilihan anda dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Anda pun dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk pemilihan program MEDICAL CHECK UP untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan sesuai.
Diakhir kata saya kembali mengingatkan bahwa kesehatan adalah investasi yang begitu berharga. Mari kita lebih peduli akan kesehatan dengan menerapkan hidup sehat dan melakukan MEDICAL CHECK UP secara rutin untuk hidup yang berkualitas bersama orang-orang yang kita sayangi. (*/cr6/d)

loading...

About

x

Check Also

Golden Age, Masa Usia Emas Penentu Masa Depan Anak

Buah hati merupakan kado terindah yang Tuhan berikan kepada orang tua sebagai ...