Formulir C1 Ditandai Hologram

Dede Haryadi

Dede Haryadi

SUKABUMI–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Dede Haryadi mengatakan, untuk menjamin keaslian hasil penghitungan suara Pemilu 2014. KPU Pusat telah memberi penandaan khusus pada Formulir C1.

Menurut Dede, dokumen hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu akan ditandai dengan pengamanan berbentuk hologram.”Penandaan khusus pada Formulir C1 dan C1 plano tersebut akan meminimalisir potensi kecurangan dalam penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang,”ujar Dede kepada Radar Sukabumi, Senin (24/3).

Dede menambahkan, penandaan tersebut akan berguna saat terjadi sengketa terkait hasil pemilu.”Jika terjadi sengketa hasil pemilu dan para pihak mengklaim perolehan suara dengan membawa bukti Formulir C1, maka keaslian formulir tersebut dapat dicek dengan mudah,”ucapnya.

Sehingga, lanjut Dede, dalam persidangan sengketa tidak akan ada lagi perdebatan mana formulir yang asli dan tidak.”Karena setiap alat bukti berupa Formulir C1 dan C1 plano yang dibawa dapat dicek keasliannya karena sudah diberi penandaan khusus,”pungkasnya.(jay/t)

(Visited 73 times, 1 visits today)