Home / RUBRIK / ARTIKEL / Catatan Redaksi / Waspadai Penyebaran Penyakit HIV/AIDS
H. Didi Supardi, SKM, MM

Waspadai Penyebaran Penyakit HIV/AIDS

H. Didi Supardi, SKM, MM

H. Didi Supardi, SKM, MM

H. Didi Supardi, SKM, MM

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sukabumi

TANGGAL 1 Desember 2013, masyarakat luas memperingati Hari Aids Sedunia (HAS). Hari Aids sedunia ini diprakarsai atas dasar keprihatinan terhadap meningkatnya penyakit AIDS dikalangan masyarakat Indonesia, termasuk bagi masyarakat di Kabupaten Sukabumi. Adapun tema pada peringatan Hari Aids sedunia tahun ini mengambil tema, “Cegah HIV dan AIDS, Lindungi Pekerja, Keluarga, dan Bangsa.

Intervensi HIV dan Aids pada sektor tenaga kerja menjadi penting karena orang dengan HIV dan Aids berasal dari kelompok ini. Selain itu, tema ini diambil karena menurut penelitian hampir 80 persen orang dengan HIV dan AIDS (odha) berasal dari mereka yang dalam usia produktif antara 19 hingga 50 tahun.

Pada dasarnya penyakit Aids ini sendiri sampai saat ini belum ditemukan obatnya, dan hanya dapat dicegah dengan pengendalian efek penyebarannya. Secara definisi AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome, yaitu sekumpulan gejala yang didapatkan dari penurunan kekebalan tubuh akibat kerusakan sistem “imun” yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Penderita penyakit HIV semakin hari semakin memprihatikan. Pada akhir tahun 2012, di Indonesia tercatat 86,762 kasus HIV dan dan 32,103 kasus AIDS. Sementara untuk negara tertinggi kasus HIV dipegang oleh Afrika Selatan dengan sekitar 5,6 juta kasus di akhir tahun 2012.

Hingga saat ini Human Immunodeficiency Virus atau yang kita kenal dengan HIV masih menjadi penyakit mematikan dan belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Secara umum sulit sekali membedakan gejala infeksi virus HIV dengan penyakit lain. Bahkan, pada beberapa kasus, keterlambatan diagnosa penyakit HIV dapat berujung pada kematian.

Penyebaran kasus HIV Aids di Kabupaten Sukabumi cukup meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah kasus HIV Aids di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2011 berjumlah 14 orang, tahun 2012 berjumlah 22 orang dan pada tahun 2013 sudah mencapai 69 orang. Untuk itu, perlu kiranya kita bersama-sama seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mencegah penyebaran HIV Aids, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

Dalam hal ini Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kab. Sukabumi, Dinas Kesehatan, dan unsur lainnya seperti LENSA, dan lembaga lainnya, baik negeri maupun sektor swasta haruslah bekerja sama dan terus berupaya agar kasus penyakit HIV Aids tidak terus menyebar di lingkungan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Untuk itu, mudah-mudahan dengan kerja sama yang baik, termasuk adanya dukungan dari semua lapisan masyarakat Kabupaten Sukabumi, penyakit HIV Aids di Kabupaten Sukabumi akan bisa ditekan seminimal mungkin. Amien..(*).

About admin

x

Check Also

SMP Tak Punya Komputer, Pinjam ke SMA

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bersinergi ...