25.853 Warga Kota Sukabumi Idap ISPA Selama Januari-Mei 2023

Ispa
Ilustrasi

CIKOLE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, mencatat selama Januari hingga Mei 2023 terdapat sebanyak 25.853 warga yang mengidap Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, drg Wita Darmawanti menjelaskan, apabila melihat dari data yang ada angka kasus ISPA melonjak pada Mei yang jumlahnya mencapai 6725 kasus.

Bacaan Lainnya

“Kasus pada Mei lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Meski demikian, alhamdulillah tidak ada yang meninggal,” kata Wita kepada Radar Sukabumi, Minggu (11/6).

Menurut Wita, pada cuaca ekstrim saat ini, kultur cuaca dapat berubah secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin. Kondisi tersebut, menyebabkan tubuh harus beradaptasi cukup keras.

Dampaknya, imunitas tubuh menurun, sehingga masyarakat rentan terkena penyakit. “Kebanyakan penderita ISPA ini merupakan usia anak,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pencegahan terhadap penyakit seperti ini harus dilakukan dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

drg. Wita Darmawanti
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, drg. Wita Darmawanti saat diwawancara Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Senin (6/2).

“Selain itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mengkomsumsi makanan bergizi secara seimbang, istirahat dengan waktu yang cukup, dan berolahraga secara teratur baik di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Wita menghimbau, masyarakat agar lebih meningkat perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi diri sendiri dan lingkungan. Terus melakukan perilaku Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Intinya harus berprilaku sehat dan hidup bersih saja, supaya daya tahan tubuh kuat dan tidak rentang terkena penyakit,” tutupnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *